Kementan Kerap Tanggung Biaya Makan Bersama SYL dan Eselon I

JAKARTA, virprom.com – Kementerian Pertanian (Kementan) kerap menanggung seluruh biaya makan bersama antara mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan pejabat Eselon I di sebuah restoran di Plaza Senayan Mall.

Informasi itu disampaikan Sukim Supandi, Manajer Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Okki Anwar Junedi saat menjadi saksi di persidangan Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat terkait dugaan pemerasan dan gratifikasi yang dilakukan Syahrul. (Tipcore), Rabu (29/5/2024).

Okki mengatakan SYL sering makan malam bersama pejabat tinggi Kementerian Pertanian di restoran Plaza Senayan, Jakarta Pusat.

“Biasanya Pak SYL makan di rumah dinas atau restoran. Dengan siapa? Keluarga atau pembantu?” tanya Ketua Hakim Rianto Adam Pontoh.

Baca Juga: SYL Beli Parfum Rp 5 Juta, Bayar Lewat ATM di Biro Umum Kementan

“Biasanya dengan minion. Eselon I,” jawab Okky.

Okki mengatakan, seluruh biaya makannya ditanggungnya bersama Syahrul dan pejabat Eselon I Kementerian Pertanian.

Okki mengatakan, sumber uang tersebut berasal dari atasannya saat itu, Isnar Widodo, mantan Kepala Subbagian Rumah Tangga Biro Umum dan Pengadaan Kementerian Pertanian.

“Kapan kamu (membayar)?” tanya hakim.

Baca Juga: Saksi Sebut SYL Bayar Makan Keluarga Rp 10 Juta Pakai ATM di Biro Umum Kementan

“Selesai (bayar),” jawab Okki.

“Atas perintah siapa?” tanya hakim lagi.

“Atas perintah atasan saya, Pak Isner,” jawab Oki.

Sekadar informasi, dalam kasus ini SYL diduga menerima subsidi sebesar Rp44,5 miliar.

Baca juga: SYL dan Keluarga Pernah Habiskan Rp 45 Juta untuk Klinik Kecantikan, Uangnya dari Kementerian Pertanian

Uang tersebut berasal dari pejabat Pimpinan I di Kementerian Pertanian, dan merupakan hasil pemotongan anggaran setiap sekretariat, direktorat, dan lembaga di Kementerian Pertanian sebesar 20 persen pada tahun 2020 hingga 2023.

SYL juga disebut-sebut menggunakan uang tersebut untuk keperluan pribadi dan keluarga seperti membayar cicilan kartu kredit, merawat anak, dan membeli mobil Alphard. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top