Bulan Ini, China-Rusia Bakal Latihan Militer Bersama

BEIJING, virprom.com – Bulan ini, China akan menggelar latihan militer gabungan dengan Rusia. Demikian yang diumumkan China pada Senin (9/9/2024).

Angkatan Laut dan Angkatan Udara akan berpartisipasi dalam latihan “Bersama Utara 2024” di langit dan sekitar Laut Jepang dan Laut Okhotsk di lepas pantai Rusia, kata Kementerian Pertahanan Tiongkok.

“Latihan ini bertujuan untuk memperdalam tingkat kerja sama strategis antara militer Tiongkok dan Rusia serta meningkatkan kemampuan mereka untuk bersama-sama menghadapi ancaman keamanan,” jelas kementerian tersebut.

Baca juga: Beratnya 17 Kg, Kucing Besar Rusia Ini Tak Bisa Berjalan

Kedua belah pihak akan mengirimkan armada ke wilayah maritim terkait di Pasifik untuk patroli maritim bersama.

Selain itu, Tiongkok juga akan berpartisipasi dalam latihan strategis Rusia “Ocean-2024”.

Kementerian tidak memberikan tanggal pasti kapan latihan itu akan dilakukan, seperti dikutip AFP.

Pada bulan Juli, kedua negara mengadakan latihan bersama di perairan dan wilayah udara sekitar Zhanjiang, sebuah kota di Provinsi Guangdong, Tiongkok selatan.

Latihan tersebut berlangsung pada minggu yang sama ketika para pemimpin NATO memperingatkan bahwa Tiongkok telah menjadi pendukung invasi Rusia ke Ukraina.

Hal ini mendorong Beijing untuk memperingatkan blok militer pimpinan AS agar tidak “memprovokasi konfrontasi”.

Rusia dan Tiongkok telah meningkatkan kerja sama militer dan ekonomi mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Keduanya juga mengkritik hegemoni Barat, khususnya apa yang mereka lihat sebagai dominasi Amerika dalam urusan dunia.

Mereka mendeklarasikan kemitraan tanpa batas sesaat sebelum Moskow melancarkan serangannya terhadap Ukraina pada tahun 2022.

Baca juga: Rusia Serang Kota Lviv di Ukraina, 7 Orang Tewas, Termasuk 3 Anak-anak

Sementara itu, bulan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hubungan ekonomi dan perdagangan antara Rusia dan Tiongkok membuahkan hasil dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang di Moskow. Dengarkan berita terkini dan panel berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top