Jangan Abaikan jika Ada Bunyi seperti Ini Saat Mobil Lewat Jalan Jelek

KLATEN, virprom.com – Kebisingan yang terdengar saat berkendara kerap membuat penumpang khawatir. Tak jarang kita memikirkan hal-hal negatif seperti lemah, patah, dan sejenisnya. Jadi mobil tidak lagi bergaransi saat sedang berjalan.

Salah satu keluhan yang paling sering dilontarkan konsumen adalah suara deritan saat mobil dikendarai di jalan yang buruk atau kasar. Bunyi “tik-tok” dihasilkan oleh anomali suspensi dan sejenisnya.

Konsultan servis Mandiri Auto Klaten Bengkel Adit mengatakan, jika terjadi kebisingan yang tidak wajar saat berkendara di jalan yang buruk, sebaiknya segera periksakan ke bengkel.

Baca Juga : Penyebab Bunyi di Gearbox CVT

Edith kepada virprom.com, Senin, “Perlu dicari sumber kebisingannya, apakah mobilnya masih aman atau tidak, karena apa pun bisa terjadi jika mobil sering digunakan.” /2024).

Edith mengatakan ada banyak penyebab munculnya suara-suara yang tidak biasa. Salah satu jenis kebisingan berbahaya berasal dari baut roda yang kendor sehingga ada kemungkinan roda terlepas.

“Terlalu banyak, setiap baut atau mur kendor, menimbulkan celah. Kalau celahnya bergetar atau berputar, bisa menimbulkan suara. Lama-kelamaan bisa kendor, jadi kebisingannya jangan dihiraukan,” tuturnya.

Baca juga: Cari Tahu, Bus Sering Terlihat Seperti Kentut?

Selain itu, menurut Edith, masih terdengar suara decitan yang lumayan selama renovasi. Begitu pula dengan sistem suspensinya, kondisinya tidak asli, yakni setir, stabilizer bar, link arm, dan peredam kejut.

Komponen suspensi antara lain roda pecah, as roda tipis, setang aus, peredam kejut lemah, dan lain-lain. Dalam beberapa kasus, ia memiliki kemampuan untuk mengeluarkan suara ketika keadaan tidak berjalan baik. “Garasi masih dipakai, kurang nyaman karena berisik.”

Jadi, menurut Adit, ketika konsumen mendengar suara deritan, apalagi saat mobil melaju di jalan raya, maka hal cerdas yang harus dilakukan adalah menyelidiki sumber suara tersebut dan mengetahui jenis kerusakannya. Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top