Jikalau Setir Mulai Terasa Berat Digerakkan, Coba Cek Cairan Ini!

JAKARTA, virprom.com – Cairan power steering merupakan komponen penting pada sistem kemudi mobil yang menjamin kemudi tetap ringan dan responsif. Ketika kadar cairan tersebut rendah, pengemudi dapat merasakan dampak yang signifikan terhadap performa mobil.

Gejala umumnya berupa kemudi yang berat dan tidak responsif, serta bunyi gerinda saat Anda memutar setir. Kondisi ini tak hanya mengurangi kenyamanan berkendara, tapi juga bisa membahayakan keselamatan berkendara.

Selain itu, mengabaikan tanda-tanda cairan power steering rendah dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada sistem kemudi, sehingga memerlukan perbaikan yang mahal.

Baca Juga: Cara Perjalanan Terbaik untuk Berbagi Pengalaman Inspiratif

Sodikin, pemilik bengkel Sejahtera di Palmerah, Jakarta Barat, mengatakan salah satu kerusakan misalnya pada pompa power steering. Komponen-komponen ini dapat rusak jika terus dioperasikan dengan tingkat cairan yang tidak mencukupi.

Setiap pemilik mobil sebaiknya rutin memeriksa dan menjaga level cairan power steering dalam batas yang dianjurkan.

“Kadang pemilik mobil tidak sadar kalau cairan power steering-nya tinggal sedikit. Jika dibiarkan justru bisa membuat kemudi terasa berat dan berisiko merusak pompa,” kata Sodikin kepada virprom.com, Selasa (7/8/2024). ) .

“Sebenarnya pengecekan cairan ini mudah, cukup lihat reservoirnya dan pastikan levelnya sesuai anjuran pabrikan,” ujarnya.

Sodikin juga menekankan pentingnya melakukan perawatan rutin untuk mencegah masalah tersebut.

Baca juga: Pahami Pentingnya Siram Mobil Bertransmisi Otomatis

“Lebih baik dilakukan pengecekan secara berkala dan ditambahkan bila diperlukan, daripada harus mengeluarkan biaya besar untuk mengganti pompa atau komponen lainnya yang rusak,” imbuhnya.

Dengan perawatan yang tepat, pemilik mobil dapat memastikan sistem kemudinya tetap berfungsi dengan baik dan aman. Dengarkan berita terkini dan rangkaian berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top