Seperti Ini Peringatan AS jika Iran Serang Israel…

WASHINGTON, virprom.com – Seorang pejabat senior Amerika Serikat (AS) memperingatkan bahwa Iran akan menghadapi konsekuensi serius jika Iran menyerang Israel.

“Amerika Serikat akan mendorong Iran untuk tidak melakukan tindakan tersebut karena konsekuensinya bisa sangat serius,” jelas seorang pejabat Amerika yang enggan disebutkan namanya, dikutip AFP, Sabtu (17 Agustus 2024).

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden mengatakan pada Jumat pagi bahwa gencatan senjata dalam perang 10 bulan di Gaza sudah dekat.

Baca juga: Negosiasi gencatan senjata di Gaza kembali menemui jalan buntu

Hal ini terjadi setelah perundingan selama dua hari di Qatar, di mana mediator Amerika menyampaikan proposal untuk mengurangi perbedaan pendapat.

“Hamas, wakil Iran, memulai perang ini pada tanggal 7 Oktober, dan akan menjadi ironi jika Iran melakukan sesuatu yang secara efektif menggagalkan apa yang kami yakini sebagai peluang terbaik bagi gencatan senjata komprehensif dan perjanjian pembebasan sandera,” kata pejabat AS tersebut.

Iran telah memperingatkan Israel terhadap tanggapannya terhadap serangan 31 Juli 2024 di Teheran yang menewaskan pemimpin politik Hamas Ismail Haniya.

Akibat pembunuhan Haniya mengakibatkan eskalasi konflik berskala besar di Timur Tengah. Iran mencurigai Israel, namun Israel belum mengakui tanggung jawabnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengatakan pada Jumat pagi pada pertemuan bersama dengan rekan-rekannya dari Inggris dan Prancis bahwa ia mengharapkan dukungan untuk serangan terhadap sasaran-sasaran utama di Iran jika Republik Islam menyerang Israel.

Ketika ditanya mengenai komentar Katz, para pejabat AS hanya mengatakan bahwa AS, bersama Inggris dan Perancis, bersiap menghadapi kemungkinan apa pun.

Baca juga: AS serukan komandan militer Sudan ikut serta dalam perundingan gencatan senjata

“Kami akan melakukan segala yang diperlukan untuk melindungi Israel dari serangan Iran,” tegasnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top