Alasan Singkat Industri Kendaraan Listrik China Kuat

TANGERANG, virprom.com – Ekspansi merek mobil asal China terjadi secara masif dalam beberapa tahun terakhir. Merek China kini berusaha memasuki seluruh pasar di dunia.

Satu kesamaan yang dimiliki merek-merek Tiongkok ini adalah fokus mereka pada kendaraan listrik atau kendaraan listrik baterai (BEV).

Baca Juga: Ahok Coba BYD M6, Bilang Interiornya Sempit

Maraknya merek China di segmen mobil listrik mengguncang merek Jepang, Korea Selatan, Amerika bahkan Eropa karena harga mobil listrik China jauh lebih murah.

Agus Purwadi, peneliti otomotif dan akademisi ITB Bandung, mengatakan industri kendaraan listrik China dibangun berkat insentif besar-besaran yang diberikan pemerintah China.

“China punya banyak (insentif) di semua sektor, struktur industri BEV tidak hanya konsumen, infrastruktur dan pabrikan, tapi R&D (penelitian dan pengembangan), komprehensif dan berskala besar,” kata Agus di ICE BSD City, Kamis. 25/7). /2024).

Baca Juga: GIIAS 2024 Simak SUV Diskon Rendah Stargazer

Makanya China sekarang kompetitif, butuh waktu lebih dari 12 tahun dan 200 miliar dolar AS didonasikan atau dipertaruhkan agar bisa kompetitif dan menciptakan ekosistem, kata Agus.

Agus mengatakan, pemerintah China tahu bahwa jika ingin tumbuh di industri otomotif global, China harus membedakan dirinya dengan negara maju lainnya.

Baca Juga: GIIAS 2024 Simak SUV Diskon Rendah Stargazer

“Dia bertaruh karena kalau mesin konvensional kalah dari Jepang jelas dia kalah, hybrid juga kalah (dari Jepang), dan itu bukan sekedar iseng. “Dia sudah lebih dari satu dekade di sana,” kata Agus.

Pemerintah China juga dimanfaatkan sejak dini untuk mendukung industri kendaraan listrik, kata Agus.

“Sampai pemerintah membeli, dia harus beli. Kalau ada, kami akan segera memasarkannya. Kan (Pemerintah China) tidak seperti itu. Makanya saya pernah bilang, yang pertama mengadopsi harusnya pemerintah dulu. Dapatkan berita terkini di ponsel Anda dan Dengarkan langsung berita pilihan. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top