Pemilik Mobil Wajib Tahu Waktu Ideal Flushing Oli Mesin

KLATEN, virprom.com – Pengenceran adalah cara mengganti oli mesin dengan menambahkan pelarut pada oli sebelum melakukan pengenceran.

Air dimasukkan ke dalam oli, lalu mesin dihidupkan dan didiamkan beberapa saat. Mudah-mudahan bila oli bekas dibuang, ruang oli juga ikut kotor.

Pemilik Aha Motor Yogyakarta, Hardi Wibowo mengatakan, oli mesin merupakan prosedur tambahan yang diperlukan, jika oli berbeda dan mesin bagus tidak perlu.

Baca Juga: Bukan Hanya Oli, Ini Peran Penting Oli Mesin

“Mengerjakan mesin cukup aman jika dilakukan dengan benar. Tidak masalah setiap kali mengganti oli, tapi sayang jika tidak menjaga kondisi mesin tetap baik.” Hardy baru-baru ini berbicara kepada virprom.com.

Hardy mengatakan, ada keadaan mesin mobil tidak mengaplikasikan mesin dengan baik, yakni penggantian oli terus menerus agar tidak ada kotoran yang menumpuk di mesin.

Kondisi tersebut dapat dijumpai pada mesin mobil yang melakukan penggantian oli kurang dari 5.000 km, jika mesin dalam keadaan sehat dan tidak ada masalah.

Baca juga: Jangan Lakukan Saat Mengganti Oli Mesin Mobil

“Jika sebelumnya sudah rutin mengganti oli, biasanya oli tidak perlu dicuci karena tujuan penambahan cairan mesin adalah untuk menghilangkan kotoran yang membandel,” kata Hardy.

Disarankan untuk menjalankan mesin dengan jenis oli yang kotor. Biasanya dengan membuka penutup kepala, Anda bisa melihat apakah ada wadah minyaknya atau tidak.

“Diharapkan dengan menambahkan cairan pendingin mesin sebelum penggantian oli, kotoran akan mengendur dan menyebar melalui bak, sehingga oli mesin yang telah diganti akan terlihat seperti baru,” kata Hardy.

Baca juga: Jangan Ragu, Kelebihan dan Kekurangan Oli Motor Berbahaya

Namun Hardy mengatakan, jangan langsung menggunakan mesin jika oli mesin sudah kotor atau ada kotoran di dalamnya karena kontaminasi dapat menyumbat wadah oli.

Jadi, tidak perlu mencucinya setiap kali mengganti oli mesin, apalagi jika diganti secara berkala. Bisa dibersihkan sewaktu-waktu, apalagi jika oli yang digunakan sebelumnya agak kental, jika tidak ada kotoran. Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top