Bakal Kirim Alkes, Jokowi Minta Pemkab Lampung Barat Siapkan Ruangan di Rumah Sakit

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat, Lampung, membantu menyiapkan ruangan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat untuk pemasangan peralatan kesehatan.

Sebab, pemerintah akan menyalurkan sejumlah alat kesehatan ke rumah sakit daerah pada tahun ini.

Hal itu disampaikannya usai mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar di Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, Jumat (7/12/2024).

Baca juga: Bank Dunia kucurkan 4 miliar dolar AS untuk beli alat kesehatan di Indonesia

Yang penting semua rumah sakit yang saya datangi siapkan kamarnya dulu. Ruangannya harus siap, pemerintah daerah harus siapkan, kata Jokowi usai mengikuti panen kopi di Desa Kembahang, Kecamatan Batubrak, dikutip dalam siaran YouTube. oleh Sekretariat Presiden, Jumat (7/12/2024).

Kepala Negara menegaskan, penyediaan fasilitas kesehatan canggih seperti CT di rumah sakit daerah sangat penting.

Selain CT scan, pemerintah juga akan mengirimkan peralatan kesehatan lainnya seperti laboratorium mammologi, mamografi, dan rontgen.

“Untuk CT scan, untuk kursi, untuk mammogram, untuk rontgen modern, siapkan (ruangan) dulu. Peralatannya akan dikirim dari Kementerian Kesehatan sebagian tahun ini, sebagian tahun depan,” kata Jokowi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Barat Widyatmoko Kurniawan menjelaskan RSUD Alimuddin Umar telah melayani banyak pasien, terutama peserta BPJS yang mencakup 80 persen dari total jumlah pasien.

Baca Juga: Jokowi Janji Tambah Alat Kesehatan di RSUD Bob Bazar Mulai September 2024

Ia menambahkan, rumah sakit ini membutuhkan mesin CT untuk mempercepat diagnosis penyakit yang lebih kompleks.

“Kita jauh dari rumah sakit rujukan sehingga perlu mengetahui penyakit yang lebih mendalam dengan CT scan,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Dalam kegiatan ini Presiden Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Pj. Gubernur Lampung Samsudin dan Bupati Lampung Barat Nukman. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top