Sejumlah Situs Pemerintah Diduga Diretas, Hacker Pasang Poster “Peringatan Darurat”

virprom.com – Beberapa situs pemerintah Indonesia diduga diretas oleh peretas. Salah satu situs yang dilaporkan telah diretas adalah laman portal informasi resmi Indonesia dengan URL (URL) indonesia.go.id.

Pantauan KompasTekno, situs tersebut saat ini belum bisa diakses. Kami mencoba melihat seperti apa Indonesia.go.id saat diretas oleh web archive Wayback Machine.

Situs Indonesia.go.id yang diretas memperlihatkan layar hitam dengan lagu wajib nasional “Gugur Bunga” diputar.

“Dicap Oleh” dengan warna putih dan “Rakyat Indonesia” dengan warna merah. Tepat di atas poster itu tertulis “Emergency Alert” bergambar burung Garuda dengan latar belakang biru.

Baca Juga: Website Tiket Konser Mr. Diretas, Data 500 Juta Pengguna Terjual

Belakangan, poster bergambar burung elang berlatar belakang biru ini beredar di media sosial dan dianggap sebagai bentuk protes masyarakat seiring rencana DPR RI yang akan mengesahkan RUU Pilkada 2024 untuk membatalkan keputusan tersebut. Mahkamah Konstitusi (MK) tentang syarat pencalonan Kepala Daerah

Di bagian bawah poster tertulis “Untuk Pemerintah Indonesia” (For the Government of Indonesia).

Ada pula yang menyatakan “Katanya demokrasi, tapi kok banyak yang mencalonkan keluarganya, demokrasi atau politik dinasti? Jangan bungkam keadilan, IKN usir calon pekerja, politik dinasti Jokowi Batal #Kaval_Kbangunan_M.K.

Di bawahnya terdapat daftar nama pengguna yang mencakup Mr.Vangke, Dimax66, LittleKurova dan lain-lain. Nama pengguna ini kemungkinan besar merujuk pada peretas yang meretas Indonesia.go.id. Terakhir, ada prasasti yang berbunyi: “Keadilan bagi rakyat kecil”. ???? Situs web pemerintah Indonesia baru-baru ini diretas oleh sekelompok peretas yang mengkritik keras kebijakan dinasti dan proyek IKN.

Hal ini menunjukkan bahwa rasa frustrasi masyarakat bisa meluas ke dunia digital. Apa pendapat Anda tentang hal itu?

Sampai saat ini… pic.twitter.com/PF7WqNTj8Z — Bimo | Kiat pemasaran digital? (@ykbh_) 23 Agustus 2024

Indonesia.go.id bukan satu-satunya situs yang diretas hacker. Masih ada puluhan situs lain yang disebut-sebut telah diretas. Daftar situs yang diretas itu dibagikan kepada sekelompok peretas Indonesia di aplikasi pesan instan Telegram.

URL ini juga dibagikan di hackmck.pages.dv, yang menampilkan halaman hitam diikuti dengan deretan tautan merah.

Baca juga: 10 Cara Membuat Password Kuat dan Aman Agar Akun Anda Tidak Mudah Diretas

Situs tersebut menyebutkan bahwa peretas Indonesia juga menaruh perhatian pada masyarakat Indonesia. Jadi, mereka meretas beberapa situs pemerintah untuk menyampaikan keinginan mereka dalam bentuk gambar online.

Situs yang diretas antara lain kejaksaan.go.id, dprd.mojokerkota.go.id, ojs.badanbahan.kemdikbud.go.id/jurnal/cache/, dan masih banyak lainnya.

Masing-masing situs tersebut menampilkan halaman yang berbeda dengan Indonesia.go.id, namun esensinya sama, yaitu menunjukkan perlawanan masyarakat secara online.

Misalnya, situs dprd.mojokerkota.go.id menampilkan halaman hitam dengan tulisan “Tersentuh Orang Indonesia”.

Di bawahnya terdapat poster berwarna abu-abu yang bertuliskan, “Tidak semua keinginan anak harus dipenuhi oleh orang tua. Keinginan orang tua juga tidak boleh diikuti oleh anak. Ajari anak untuk merasa cukup. Ingatkan juga pada anak untuk melampaui batas rasa malu saat mengangkat. Aturan dan etika.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top