Agar Baterai Awet, Pemilik Mobil Listrik Jangan Lakukan Ini

CIKARANG, virprom.com – Seperti halnya ponsel pintar dan perangkat elektronik lainnya, kendaraan listrik baterai atau battery electric vehicle (BEVs) menggunakan baterai sebagai sumber tenaga utamanya.

Untuk itu, ada hal yang sebaiknya tidak dilakukan pemilik mobil listrik demi menjaga kesehatan baterai sebagai sumber energi utama.

Baca juga: Toyota Tawarkan Suku Cadang Harga Murah

Direktur Penelitian dan Pengembangan Hyundai Motor Manufacturing (HMMI) Anton Khristanto mengatakan, jangan menggunakan mobil listrik sampai rusak atau habis.

“Khususnya jalan sampai habis, sering 0% sampai mobil mati dan tidak bisa jalan,” kata Anton yang ditemui baru-baru ini di Cikarang, Jawa Barat.

Anton mengatakan, penggunaan baterai hingga habis atau 0 persen akan berdampak pada sistem penyimpanan di dalam sel baterai sehingga berdampak pada kapasitas penyimpanan.

“Karena jika sistem sel baterai sering habis maka akan mempengaruhi kapasitas penyimpanan atau sistem penyimpanannya,” ujarnya.

Baca Juga: Ciri-ciri Penting Mobil Vintage yang Perlu Diperhatikan Ekstra

Ibaratnya kalau kita pakai ponsel secara rutin sampai terisi 0 persen, cepat terkuras kan, kata Anton.

Anton menyarankan pemilik mobil listrik untuk mengisi baterai saat sudah mencapai 20 persen dan tidak membiarkannya kosong hingga terisi penuh sebelum diisi.

Baca juga: Colorist ini kembali menjadi pendukung artis di ajang AoS 2024

“Kalau 20 sampai 80 persen masih normal,” ujarnya.

Meski demikian, Anton mengatakan pengguna tidak perlu khawatir dengan kesehatan baterainya. Dalam hal ini, Hyundai membekali sistem proteksi baterai.

“Kalaupun benar-benar habis, ada sistem yang menjaga baterai agar tidak sampai nol persen, jadi masih ada persentase tertentu agar baterai tidak rusak,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top