Apa Benar Beli Suku Cadang Mobil Eropa Inden Lama?

JAKARTA, virprom.com – Banyak calon pembeli mobil Eropa yang ragu karena adanya anggapan suku cadang sulit didapat dan harus diimpor sehingga mengakibatkan waktu pengerjaan yang lama.

Namun menurut Anantyo Herlambang, pemilik bengkel Eurostar X Ping Garage, gagasan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Rata-rata spare part mobil Eropa hanya sekitar 1-2 bulan dan jarang terjadi. Sebagian besar spare part, terutama yang berkaitan dengan mesin, sudah tersedia di pasar lokal, kata Anantyo, Jumat (13/9). /2024).

Baca juga: Pendinginan Penting untuk Truk Tambang

Anantyo menjelaskan, ketersediaan suku cadang mobil Eropa di Indonesia meningkat signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Jaringan distribusi bengkel resmi dan mandiri kini semakin kuat, sehingga pemilik mobil tidak perlu khawatir akan kekurangan suku cadang, terutama suku cadang penting mesin.

“Suku cadang mesin biasanya banyak ditemukan di sini. Kalau ada masalah dalam penggunaan mesin, suku cadang selalu tersedia. Seringkali terjadi penyok pada bagian bodi, seperti bemper atau panel bodi, yang harus dipesan terlebih dahulu,” dia dikatakan. . ditambahkan.

Body parts seringkali mengalami kekurangan stok karena bergantung pada produksi dan distribusi dari luar negeri. Proses pengirimannya bisa memakan waktu hingga dua bulan.

Untuk menghindari waktu tunggu yang lama, Anantyo menyarankan pemilik mobil Eropa untuk melakukan perawatan rutin dan segera memesan suku cadang jika ada tanda-tanda kerusakan atau keausan.

Melakukan perawatan secara rutin dapat mempercepat proses penggantian dan mencegah kendaraan berada di garasi dalam waktu lama. Hal ini penting agar pemilik mobil tidak terjebak dengan minimnya tempat istirahat di masa sulit.

Baca juga: Tanda-tanda Rem Motor Anda Perlu Diservis, Perhatikan Sebelum Terlambat

Meski demikian, Anantyo menegaskan, pemilik mobil Eropa kini bisa merasa tenang karena ketersediaan suku cadang di pasaran semakin membaik dan waktu inden hanya terjadi pada kondisi tertentu.

“Yang terpenting adalah menjaga kebersihan kendaraan secara rutin agar suku cadang yang sulit ditemukan tidak cepat rusak,” ujarnya. Dengarkan berita terpopuler dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran media pilihan Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top