KPU Klaim Lebih Siap Laksanakan Pilkada Serentak ketimbang Pemilu

JAKARTA, virprom.com – Plt Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin mengatakan KPU akan mempersiapkan tahapan dan pemungutan suara lebih baik dibandingkan Pilkada 2024.

Pasalnya, KPU memiliki pengalaman dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 dan tahapan Pilkada dilaksanakan tidak hanya di KPU tetapi juga di tingkat KPU daerah.

Kedua, simpul-simpul penanggung jawab juga sudah disebar. Jadi saya kira kita lebih siap,” kata Afifuddin kepada Gaspol virprom.com, Rabu (17/7/2024).

Afifuddin mengatakan, pencoblosan pada Pilkada 2024 tidak akan serumit pemilu 2024 yang memberikan pemilih empat hingga lima surat suara untuk memberikan suaranya.

Baca Juga: KPU Minta Maaf Jika Fasilitas Kurator Terlalu Banyak

Sebab pada Pilkada 2024, pemilih akan mengajukan dua surat suara, yakni pemilihan kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota.

“Pilihan huruf (dalam tumpukan) tidak serumit pilihan pada umumnya, bukan? “Bagi KPU Indonesia, opsi pemilu nasional jelas lebih sulit,” kata Afif.

“Pemilu lalu ada PPK, Presiden, DPRK RI, DPRK Karesidenan/Kota Provinsi.” Itu faktor yang luar biasa,” katanya.

KPU kini tengah melakukan survei (coclite) pemutakhiran daftar pemilih Pilkada Serentak 2024.

Hasil pemutakhiran daftar pemilih akan dimasukan ke dalam daftar akhir pemilihan (DPT) paling lambat tanggal 23 September.

Baca Juga: KPU Gandeng TNI-Polri Distribusikan Logistik Pilkada

Berdasarkan jumlah dan sebaran DPT yang ditentukan, CPU 2024 akan menentukan berapa banyak dan di mana TPS tersedia untuk Pilkada Sinkron, serta berapa banyak perintah jemput dan hitung yang diperlukan di setiap TPS.

Sementara KPU punya waktu sekitar dua bulan untuk mendistribusikan logistik.

Sebab, kampanye Pilkada 2024 akan berlangsung selama 60 hari, yaitu 25 September hingga 23 November 2024, sebelum dimulainya masa tenang pada 24 November hingga 26 November 2024 dan pemungutan suara pada 27 November 2024.

Jumlah hari kampanye ini lebih pendek 15 hari dibandingkan pemilu Februari 2024 lalu.

Dengarkan berita terbaru dan pilihan berita kami di ponsel. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top