Lolos Seleksi Administrasi Capim KPK, Johan Budi Akan Mundur dari DPR dan PDI-P

JAKARTA, virprom.com – Anggota Komisi III Fraksi PDI-P DPR Johan Budi menyetujui seleksi administrasi calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Johan Budi pun menyatakan akan mundur dari DPR dan PDI-P.

“Saya berencana mundur dari DPR dan PDI Perjuangan, tapi perlu proses pengunduran diri. Setidaknya sebelum proses seleksi di Panel Calon KPK selesai,” kata Johan Budi saat dimintai konfirmasi virprom.com. Rabu. (24/7/2024).

Johan Budi mengatakan akan menyurati pimpinan DPR terlebih dahulu.

Baca juga: 236 Orang Lolos Administrasi Seleksi Calon KPK, Mayoritas Berpendidikan Akademik

Lalu, kata dia, langkah terakhir adalah mundur dari PDI Perjuangan.

“Pertama surat ke pimpinan DPR. Lalu terakhir ke partai,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Muhammad Yusuf Ateh mengungkapkan, calon KPK berjumlah 236 orang dan calon 146 orang. bagi anggota Dewas KPK yang lolos seleksi administrasi.

“Sejauh ini yang dinyatakan setuju sebanyak 236 orang (74 persen dari total terdaftar) untuk calon KPK dan 146 orang (71 persen dari total terdaftar) untuk calon Dewas KPK,” kata Ateh di Kantor Kementerian Sekretaris Negara. Negara. (Kemensetneg). ), Jakarta, Selasa (24/7/2024).

Baca juga: Novel Baswedan dkk Minta Mahkamah Konstitusi Keluarkan Keputusan Sementara Ikut Proses Seleksi Pimpinan KPK

Ateh mengatakan, jumlah dan persentase pendaftar yang lolos seleksi administrasi meningkat dibandingkan seleksi tahun 2019.

Dijelaskannya, pada seleksi tahun 2019, dari total pendaftar sebanyak 376 orang, sebanyak 192 orang atau 51 persen dinyatakan disetujui pada seleksi administrasi.

Lanjut Ateh, Pimpinan KPK yang lolos seleksi administrasi berjumlah 236 orang, yakni 221 laki-laki dan 15 perempuan.

Sedangkan calon anggota Dewas KPK yang lolos seleksi administrasi berjumlah 140 orang, yakni perempuan 16 orang dan laki-laki 130 orang. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top