Pengalihan Rudal Balistik Iran ke Rusia Bisa Timbulkan Eskalasi

WASHINGTON DC, Compass.com – Iran telah mengarahkan rudal balistik ke Rusia untuk mendukung Moskow. Jadi, AS akan siap merespons dengan segala konsekuensinya.

Media AS pekan lalu melaporkan bahwa Washington yakin Iran telah mentransfer senjata ke Rusia untuk digunakan di Ukraina.

Uni Eropa juga mengatakan bahwa Teheran telah bertindak.

Baca Juga: Presiden Iran Akan Kunjungi Irak, Ini Tujuannya!

“Pemindahan rudal balistik Iran ke Rusia akan mewakili peningkatan dukungan Iran terhadap agresi Rusia terhadap Ukraina,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Vedant Patel seperti dikutip AFP, Selasa (10/9/2024).

“Kami telah menegaskan bahwa kami siap menghadapi konsekuensi yang lebih signifikan,” katanya.

Meski Teheran membantah tuduhan penarikan rudal tersebut, Kremlin tidak langsung membantahnya.

Menghadapi sanksi keras Barat, Moskow beralih ke Iran dan Korea Utara untuk mendapatkan pasokan senjata guna menjaga mesin perangnya tetap beroperasi di Ukraina.

Ukraina, sementara itu, mengatakan hampir setiap hari mereka diserang oleh drone Shahid Rusia yang dirancang oleh Iran dan pecahan rudal Korea Utara telah ditemukan di wilayahnya.

Baca Juga: Amerika Akan Memperingatkan Jika Iran Menyerang Israel…

Diketahui bahwa rudal-rudal tersebut dikirim ke Rusia ketika Kremlin meningkatkan kampanye pengeboman terhadap infrastruktur utama di Ukraina pada awal musim dingin ini. Dengarkan pilihan berita terkini dan headline kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top