Mengapa Anak Juga Perlu Olahraga Rutin

virprom.com – Hanya satu dari empat anak yang melakukan aktivitas fisik 60 menit yang direkomendasikan setiap hari, menurut data. Aktivitas fisik seorang anak seringkali menurun drastis ketika ia mencapai usia sekolah.

Aktivitas fisik yang tepat mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan fisik dan mental anak. Secara fisik, anak akan memiliki tulang dan otot yang kuat, kemampuan bernapas yang baik, pengendalian berat badan, serta berkurangnya gejala kecemasan dan depresi.

Anak-anak prasekolah harus tetap aktif sepanjang hari, menurut saran para ahli. Tidak ada durasi pastinya, namun setidaknya anak beraktivitas minimal 3 jam sehari. Ini termasuk permainan bebas dan kegiatan terorganisir.

Untuk anak di bawah 3 tahun juga dianjurkan untuk tetap aktif, termasuk bermain dan melakukan aktivitas berat seperti melompat dan berlari.

Pada saat yang sama, anak-anak usia sekolah dan remaja dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat selama 60 menit setiap hari. Mereka juga disarankan untuk melakukan aktivitas penguatan tulang dan otot.

Baca juga: 5 Olahraga untuk Anak, Termasuk Tenis dan Renang

Sayangnya, seiring dengan semakin banyaknya waktu yang dihabiskan anak di depan layar, waktu gerak aktifnya kini semakin berkurang. Menurut data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), 76,8% anak menggunakan gawai secara rutin, dan 25,4% menggunakannya selama lima jam sehari.

Gimnasium rumah

Berolahraga bersama orang tua merupakan salah satu cara menumbuhkan kebiasaan olahraga anak. Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan, antara lain bersepeda, berenang, bermain sepak bola, bahkan jogging di taman.

Jika Anda lebih memilih beraktivitas di rumah, pusat kebugaran kini dibuka untuk seluruh anggota keluarga, House of Metamorfit (HOM) yang berlokasi di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Pendiri HOM Antony Lambean mengatakan HOM merupakan home gym lengkap pertama di Indonesia. Kami ingin pusat kebugaran ini menjadi solusi kesehatan bagi seluruh keluarga, tidak hanya ibu dan ayah, tapi juga kakek dan nenek. Pengunjung juga tidak perlu terintimidasi dengan stigma bahwa gym hanya diperuntukkan bagi orang berotot.​

Baca Juga: Penyakit Apa Saja yang Bisa Disebabkan oleh Gaya Hidup Sedentary? Ini penjelasannya…

“Keinginan yang kami dapatkan adalah konsumen pada umumnya ingin tetap sehat bersama anggota keluarga lainnya, sehingga mengajak suami dan anaknya untuk ikut berpartisipasi.

Selain pusat kebugaran yang lengkap, HOM menawarkan berbagai kelas dan Akademi Anak HOM menawarkan kesempatan dalam bidang tari, senam, kamp pelatihan, futsal, bola basket, dan seni bela diri.

Anda juga dapat memilih dari kelas olahraga populer seperti Pound Fit, Zumba, Swing Yoga, dan Bouncer, semuanya dipimpin oleh pelatih pribadi bersertifikat.

Saat ini House of Metamorfit memiliki 17 cabang se-Jabodetabek dengan anggota lebih dari 20.000 orang. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top