Debat Pilpres AS 2024: Trump Sebut Israel Akan Lenyap dalam 2 Tahun jika Ia Kalah

Philadelphia, virprom.com – Donald Trump dari Partai Republik menuduh saingannya di Gedung Putih, Kamala Harris, tidak berbuat cukup untuk menjaga keutuhan Israel, sekutu AS.

Saat debat capres AS 2024 di Philadelphia pada Selasa (10/9/2024) malam waktu setempat, Trump menyebut Israel akan “menghilang” di bawah kepresidenan Harris.

“Dia benci Israel. Kalau dia jadi presiden, saya yakin Israel tidak akan ada dalam dua tahun. Israel akan hilang,” ujarnya saat debat di ABC News live.

Baca Juga: Debat Capres AS 2024: Begini Jawaban Trump Saat Ditanya Ingin Ukraina Menang Lawan Rusia

Kamala Harris menanggapi tuduhan Trump dengan mengatakan kebenciannya terhadap Israel “sama sekali tidak benar.”

Wakil presiden Partai Demokrat mengatakan dia telah mendukung Israel sepanjang hidup dan kariernya.

Dalam diskusi tersebut, moderator bertanya kepada Harris bagaimana ia akan menyelesaikan konflik antara Israel dan Hamas.

Dia kemudian menjawab bahwa dunia harus “menunjukkan arah” menuju “solusi dua negara”.

“Yang kami tahu adalah perang ini harus segera diakhiri dan satu-satunya cara untuk mengakhirinya adalah melalui gencatan senjata dan pembebasan sandera. Jadi kami akan terus bekerja sepanjang waktu,” kata Harris.

Setelah Harris menyatakan dukungannya terhadap solusi dua negara dalam konflik Palestina-Israel, Trump sendiri mengelak dari pertanyaan mengenai hal tersebut.

Dia tidak merinci apa yang akan dilakukan untuk mengakhiri perang yang dimulai pada Oktober 2023 itu.

Baca Juga: Debat Capres AS 2024: Harris, Trump Tak Setuju dengan Perang Israel-Hamas Debat Capres AS 2024: Kamala Harris Kritik Larangan Aborsi Trump.

Trump hanya menegaskan kembali bahwa Harris dan Partai Demokrat membenci Israel dan tidak ada konflik dengan pemerintahannya.

“Saya akan melakukannya dengan cepat, jika saya terpilih sebagai presiden, saya akan melakukannya dengan Ukraina dan Rusia, saya akan melakukannya sebelum saya menjadi presiden, saya akan melakukannya tanpa menjadi presiden,” ujarnya.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top