Apakah Boleh Mengonsumsi Buah Nanas Setiap Hari? Ini Penjelasannya…

virprom.com – Nanas kaya akan vitamin B dan C, serat, mangan, dan enzim bernama bromelain sehingga baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Namun, bolehkah makan nanas setiap hari?

Ternyata nanas bisa dimakan setiap hari dan bisa menjadi bagian dari pola makan sehat yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mengurangi peradangan dan menunjang fungsi sistem pencernaan.

Mengonsumsi nanas setiap hari umumnya aman, namun jumlahnya sebaiknya dibatasi, atau tidak lebih dari satu cangkir atau setara dengan 165 gram nanas.

Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat nanas yang dimakan sehari-hari dan efek sampingnya berikut ini.

Baca juga: Nanas Baik untuk Penyakit Apa? Ini daftar 8… Bolehkah makan nanas setiap hari?

Ternyata, Anda bisa mengonsumsi nanas setiap hari dan menjadikannya bagian dari pola makan sehat yang bisa membantu fungsi tubuh Anda.

Laporan dari MedicineNet, nanas mengandung nutrisi baik yang tidak hanya mengurangi nafsu makan terhadap makanan manis, tetapi juga memberikan rasa kenyang dan dapat menunjang kesehatan fisik.

Banyak sekali manfaat nanas bagi kesehatan yang bisa Anda temukan, antara lain: Mengurangi pembengkakan Mengurangi nyeri otot dan mendukung proses pemulihan setelah berolahraga Mendukung kesehatan usus dan fungsi pencernaan Mendukung kesehatan rambut, kulit, dan kuku Mengurangi gejala radang sendi atau arthritis Mencegah dan mendukung penyembuhan proses dari infeksi saluran pernapasan, termasuk asma dan sinusitis Melawan infeksi Meningkatkan proses penyembuhan setelah prosedur pembedahan Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan otak Menjaga kesehatan gigi dan tulang Mengurangi risiko kanker yang meningkatkan ulserasi. proses penyembuhan. Menurunkan berat badan

Beberapa manfaat tersebut bisa didapat karena secangkir nanas atau setara dengan 165 gram memiliki 75 kalori tanpa kolesterol, natrium dan lemak.

Meski beberapa manfaat di atas memerlukan penelitian lebih lanjut, namun kandungan nanas dapat menunjang kesehatan tubuh.

Baca Juga: Apakah nanas enak dimakan malam hari? Inilah maknanya…

Efek makan nanas setiap hari

Mengonsumsi nanas setiap hari umumnya aman dan tidak akan menimbulkan efek samping yang serius, meski dalam jumlah yang tepat.

Pasalnya nanas mengandung bromelain yang dapat mempengaruhi keadaan tubuh.

Laporan dari HealthlineAda banyak efek samping makan nanas setiap hari yang mungkin Anda alami, seperti: Mempengaruhi proses pembekuan darah sehingga penggunaannya perlu dihindari atau dikurangi pada orang yang mengonsumsi obat pengencer darah. Menyebabkan sensasi terbakar di mulut. iritasi, mual atau diare Menyebabkan sakit perut, mual dan diare, jika nanas saja tidak cukup.

Nanas umumnya aman dikonsumsi setiap hari dalam jumlah sedang, atau tidak lebih dari 165 gram.

Namun bagi yang memiliki riwayat kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat dari dokter disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi nanas setiap hari.

Dengan begitu, Anda akan mengetahui apakah Anda diperbolehkan mengonsumsi nanas setiap hari dan bisa terhindar dari efek samping yang mungkin terjadi.

Baca juga: 8 Manfaat Nanas untuk Kesehatan, Termasuk Menurunkan Berat Badan Cek berita terkini dengan pilihan berita langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top