Supratman Sebut Sertijab Menkumham Digelar Besok Pagi

JAKARTA, virprom.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Suprathman Andi Agtas mengatakan jabatannya akan diserahkan kepada mantan menteri Jasona H Laoli pada Selasa (20/8/2024) pagi.

Acara tersebut rencananya akan digelar di gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Besok kita akan melimpahkan kekuasaan kepada menteri yang lama dan besok peralihannya akan dilakukan di Kumham,” kata Suprathman saat ditemui di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

“Belum tahu, belum tahu jam berapa, mungkin sudah pagi,” lanjutnya.

Suprathman kemudian ditanya apa yang akan dilakukannya di sisa dua bulan masa jabatannya sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Baca Juga: Sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Sue Prattman mengajukan pengunduran dirinya sebagai anggota parlemen PDP sejak pekan lalu

Ia pun mengaku telah mengemukakan beberapa persoalan prioritas yang perlu segera diatasi.

“Pertama, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia masih memberikan banyak tugas, terutama dalam pembahasan undang-undang, kemudian kami masih banyak melakukan koordinasi, termasuk kepemimpinan hukum Dirjen AHU. juga akan mengontrol imigrasi dan memperbaiki lembaga pemasyarakatan,” katanya.

“Jadi isu-isu ini kemungkinan besar akan menjadi prioritas utama kami,” lanjutnya.

Politisi Partai Relindra itu belum menjawab apakah dirinya akan terpilih kembali menjadi menteri di pemerintahan presiden terpilih secara demokratis, Prabowo Subianto.

Ia mengatakan, yang bisa dikatakan saat ini adalah ia menerima penunjukan Presiden Joko sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia periode ini.

Baca Juga: Suprathman Andi Agtas mengaku baru dihubungi pukul 4 pagi untuk mengangkatnya menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia

“Kami tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya,” katanya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo resmi melantik Supratman Andy Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) di Istana Negara, Senin.

Pelantikan tersebut dilakukan sesuai dengan Keputusan Presiden No. 92P Tahun 2024 (Kepres), tentang pemberhentian dan pengangkatan Menteri Negara pada Kabinet Senior Indonesia untuk sisa masa jabatannya pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2024.

Usai pembacaan Perpres, Presiden Yoko memimpin pembacaan sumpah yang dilanjutkan oleh Subratman.

“Saya bersumpah demi Allah, saya akan setia pada UUD 1945, saya akan menegakkan peraturan perundang-undangan seketat mungkin karena pengabdian saya kepada negara dan negara.” Saya akan mematuhi etika jabatan dan melakukan yang terbaik untuk bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Sue Plattman pada upacara pengambilan sumpah. Dengarkan berita terkini dan pilihan utama kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top