Australia Catat Rekor Suhu Musim Dingin Tertinggi

 

SYDNEY, virprom.com – Australia mencatat suhu musim dingin tertinggi pada Senin (26 Agustus 2024).

Suhunya mencapai 41,6 derajat Celcius (106,7 derajat Fahrenheit) di beberapa bagian Pantai Barat Laut yang terjal dan terpencil. 

Biro Meteorologi Australia menjelaskan, suhu terpanas tercatat di pusat pelatihan militer di Yampi Sound pada pukul 15.37 waktu setempat.

Baca juga: Saat Buruh Australia Dorong Kemerdekaan Indonesia…

“Angka ini merupakan suhu terpanas pada bulan Agustus di mana pun di Australia. Ini adalah rekor suhu tertinggi di seluruh Australia pada bulan musim dingin,” kata juru bicara Biro Meteorologi Australia kepada AFP.

Data resmi menunjukkan suhu rata-rata Australia terus meningkat dan perubahan iklim menyebabkan kebakaran hutan, banjir, kekeringan, dan gelombang panas yang lebih parah.

Meskipun catatan tersebut telah “dikonfirmasi untuk sementara”, para ilmuwan masih perlu memastikan bahwa hal tersebut bukanlah akibat dari anomali lokal atau kegagalan peralatan sebelum secara resmi dapat dicatat.

Rekor sebelumnya adalah 41,2 derajat Celcius (106,2 derajat Fahrenheit), yang terjadi pada Agustus 2020 di West Roebuck.

Musim dingin di wilayah Antipodean berlangsung dari awal Juni hingga akhir Agustus. 

Sekitar 18% wilayah Australia merupakan gurun dan di wilayah beriklim sedang, panas ekstrem biasa terjadi sepanjang tahun. 

Baca juga: ABC Australia di DPR RI Perlu Setujui RUU Pilkada: Masyarakat Indonesia Tidak Bodoh

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top