Ini Bagian Vital Mobil Bekas yang Pasti Diteliti Jasa Inspeksi

JAKARTA, virprom.com – Membeli mobil bekas memang membutuhkan perhatian lebih, terutama untuk memastikan kendaraan tersebut aman dan nyaman digunakan.

Pemeriksaan mobil bekas melibatkan analisis mendalam terhadap berbagai bagian penting kendaraan untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Macam-macam bagian mobil bekas yang menjadi bidang analisa utama adalah mesin, kemudi dan rem, serta kondisi fisik dan struktur mobil.

Selasa (2/7/2024) Depi Autospector Indonesia mengatakan, “Periksa dulu kondisi mesinnya.”

Baca Juga: Ford Everest Sampai Mercy dengan Menu Mobil Rp 80 Jutaan

Pemeriksaan ini mencakup pemeriksaan visual terhadap mesin terhadap tanda-tanda kebocoran, keausan, atau kerusakan.

Penting juga untuk memeriksa kondisi dan jumlah oli untuk memastikan pengoperasian mesin yang benar dan efisien.

Selain itu, kemudi, transmisi, dan rem merupakan komponen penting lainnya yang harus diperiksa dengan cermat.

Sistem kemudi, transmisi, dan pengereman juga akan diperiksa secara menyeluruh, kata Depi.

Kondisi sistem menentukan kenyamanan dan keselamatan pengemudi, sedangkan transmisi yang baik menjamin transisi yang mulus dan nyaman.

Rem yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk keselamatan, jadi memeriksa kaliper rem, kondisi rotor, dan kinerja rem secara keseluruhan sangatlah penting.

Survei ini juga akan mencakup pemeriksaan tanda-tanda tabrakan besar dan banjir.

“Penting untuk memastikan tidak ada tanda-tanda tabrakan besar atau banjir,” kata Depi.

Baca Juga: Hikmah dari Tabrakan dan Kebakaran Mobil, Siapa yang Harus Didahulukan?

Tanda-tanda kerusakan struktural akibat tabrakan besar dapat mempengaruhi keutuhan kendaraan dan keselamatan penumpangnya.

Begitu pula dengan tanda-tanda tenggelamnya banjir yang dapat menimbulkan masalah serius pada sistem kelistrikan dan hal lainnya.

Terakhir, test drive merupakan langkah penting dalam pengujian mobil, yang digunakan untuk menentukan seberapa baik performa mobil di jalan raya.

Selain itu, pemeriksaan dokumen dan pemindaian di dalam pesawat (OBD scan) tidak boleh diabaikan untuk memastikan bahwa semua sistem berfungsi dengan baik dan kendaraan dalam keadaan benar. Dengarkan Injil dan siaran berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top