Polisi Jerman Tangkap Tersangka Penikaman Massal Festival Kota Solingen, ISIS Klaim Bertanggung Jawab

SOLINGEN, virprom.com – Polisi Jerman pada Sabtu 24/8/2024 menangkap seorang tersangka penyerangan besar-besaran di festival kota Solingen yang menewaskan tiga orang dan melukai banyak lainnya.

Sementara itu, ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Setelah terjadi penyerangan besar-besaran pada Jumat (23/8/2024), pelaku langsung melarikan diri dan polisi Jerman memulai pencarian secara nasional.

Baca juga: Penikaman Besar-besaran di Festival Kota Solingen Jerman, 3 Orang Tewas, Polisi Luncurkan Operasi Besar-besaran untuk Memburu Pelaku

“Kami baru saja menangkap tersangka utama. Orang yang kami cari setiap hari telah ditangkap selama beberapa waktu,” kata Menteri Dalam Negeri Rhine-Westphalia Utara, Herbert Reul, melalui televisi, Sabtu malam waktu setempat, menurut AFP. .

Dia menambahkan, polisi sedang mencari bukti untuk menghukumnya.

Secara terpisah, dalam pernyataan di Telegram, sayap ISIS, Amaq, mengumumkan bahwa yang menyerang di kota Solingen adalah tentara ISIS.

ISIS mengatakan serangan itu adalah “balas dendam terhadap umat Islam di Palestina dan tempat lain”, mengacu pada perang Israel dengan kelompok Hamas di Jalur Gaza.

Permintaan itu tidak diverifikasi. Yang jelas pihak berwenang Jerman mengatakan bahwa “penyebab kekerasan tidak dapat diabaikan” dalam insiden penikaman serius tersebut.

Seorang juru bicara polisi sebelumnya mengatakan kepada AFP bahwa polisi menangkap seorang pria dalam serangan terhadap sebuah hotel pencari suaka, tidak jauh dari perhentian pada hari Jumat.

Di sisi lain, jaksa menyebut anak berusia 15 tahun yang diduga tidak melaporkan kejahatan tersebut ditangkap untuk pertama kalinya.

Baca Juga: WNI di Philadelphia, Amerika Dituduh Melakukan Pembunuhan, Bagaimana Kejadiannya?

Markus Caspers, seorang jaksa di Duesseldorf, sebelah barat Solingen, mengatakan: “Para saksi mengatakan mereka melihat pemuda itu berbicara tentang serangan itu sesaat sebelum dia muncul bersama pria yang mungkin menjadi pembunuhnya.”

Seorang pria berusia 56 dan 67 tahun serta seorang wanita berusia 56 tahun tewas.

“Para korban tidak diketahui dan tidak ada hubungan di antara mereka,” kata Caspers dalam konferensi pers.

Empat orang yang terluka berada dalam “kondisi kritis”, kata para pejabat, sehingga menambah perkiraan awal menjadi lima orang.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan pelakunya harus segera ditangkap dan dihukum.

Penyerang menyerang ribuan orang yang berkumpul pada malam pertama “Festival Keanekaragaman”, bagian dari acara memperingati ulang tahun ke-650 Solingen.

  Dengarkan berita dan pilihan terbaru kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran baru yang ingin Anda ikuti saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top