Mensos Risma Gelontorkan Berbagai Bantuan untuk Masyarakat Pulau Kei Besar

KEI Besar, virprom.com – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberikan bantuan dan pelayanan sosial di Pulau Kei Besar di Maluku Tenggara, Maluku (24/07/2024). 

Bantuan yang ditanam antara lain berupa bibit tanaman, alat pertanian, perlengkapan olah raga dan kesenian, perlengkapan sekolah, kebutuhan kebersihan dan kesehatan, bahan pangan, bantuan bagi penyandang disabilitas, perahu, dan lampu jalan umum bertenaga surya (PJUTS). 

Dalam membantu anak-anak sekolah, Risma Kay berharap anak-anak Pulau Besar bisa berprestasi dan sukses seperti anak-anak lainnya di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang dan kota-kota lain di Indonesia.

“Jadi dukung anak-anak agar sukses,” ujarnya kepada anak-anak sekolah pada acara puncak bakti sosial di Pelabuhan Elat, Pulai Kei Besar, Rabu (24 Juli 2024).

Baca Juga: Di Markas PBB, Mensos Risma jarang bangga.

Risma dan rombongan tiba di perairan Pulau Kei Besar, Maluku Tenggara pada pukul 13.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA). 

Usai mengantarkan bantuan ke Pelabuhan Elat, Risma Key berangkat menuju Desa Ohoinangan di Kecamatan Besar. Di sini, Risma mengawasi pembangunan dan pemeliharaan dua Rumah Perawatan Terpadu (RST) dan pembangunan fasilitas air minum di bawah program Kementerian Kesehatan.

Risma kemudian melanjutkan aktivitasnya dengan mengunjungi Puskesmas Elat, melakukan operasi katarak, membuka gudang komunitas bagi penderita kusta dan mantan penderita kusta, memberikan pendampingan kepada penyandang disabilitas, dan memberikan dukungan psikologis kepada penderita gangguan jiwa (ODGJ).

Penyimpanan gabah masyarakat adalah fasilitas dan infrastruktur logistik yang menyediakan kesiapsiagaan bencana dan keadaan darurat serta distribusi kepada mereka yang membutuhkan.

Baca Juga: Mensos Sebut Data Penerima Bansos DTKS Terlindung dari Peretasan PDN

Di beberapa tempat, termasuk Pulau Cay Besar, penyimpanan biji-bijian untuk penderita kusta dan lansia menjadi prioritas. Berbagai kebutuhan mereka dipenuhi termasuk handuk, perlengkapan mandi, dan peralatan makan.

“Perlengkapan mandi dan peralatan makan harus menjadi milik Anda dan tidak boleh digunakan bersama dengan anggota keluarga lain untuk mencegah infeksi. “Jika memerlukan, tanyakan kepada pengelola lumbung masyarakat,” kata Risma.

Dalam kesempatan tersebut, Risma juga berpesan kepada para penderita kusta agar segera berobat agar cepat sembuh.

“Kusta bisa disembuhkan. Banyak yang disembuhkan. Kuncinya hanya satu, yaitu disiplin. Termasuk disiplin dalam minum obat dan memeriksakan diri ke puskesmas. “Kami akan membantu,” kata Mensos Risma.

Baca Juga: Ayo Gunakan Kaki Penulis Bertemu Desida, Mensos Ajak Warga Ubah Nasib

Usai memeriksa lumbung masyarakat, Risma mendatangi Puskesmas setempat yang terletak di dekat klinik kusta.

Di sana, Risma mengunjungi ruang operasi katarak dan mewawancarai beberapa penerima manfaat yakni pasien operasi katarak.

Celestina Patubo (75), salah satu yang menjalani operasi katarak, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial yang telah memberikan layanan operasi katarak gratis.

“Terima kasih atas bantuannya Bu Risma. “Saya bisa melihat lebih jelas sekarang,” kata Celestina, yang telah menderita katarak selama kurang lebih satu tahun.

FYI, Risma juga membantu peternakan, perikanan, budidaya rumput laut, jaring apung, dan pengolahan minyak kelapa.

Baca Juga: Akui Perasaan Kesepian dari Saumlaka Thanimbar hingga Mensos…

Terdapat juga 150 titik penerangan jalan umum (PJUTS) bertenaga surya. Bantuan lainnya berupa peralatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan bantuan komputer untuk pelajar. Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top