Pidato Lengkap Paus Fransiskus di Istana Negara

JAKARTA, virprom.com – Paus Fransiskus hari ini Rabu (9/4/2024) mengangkat berbagai topik diskusi saat berpidato di depan sejumlah orang di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, Paus Fransiskus Bhineka menegaskan tentang Tunggal Iku yang sudah lama dianut oleh Indonesia, dimana berbagai bangsa bisa bersatu dalam bangsa ini.

Paus Fransiskus kemudian menyampaikan keinginan Gereja Katolik untuk melakukan dialog antaragama untuk menghilangkan prasangka dan meningkatkan rasa saling percaya.

Bapa Suci menekankan bahwa Gereja Katolik berupaya untuk melayani kebaikan bersama dan ingin memperkuat kerja sama dengan berbagai lembaga negara dan masyarakat sipil lainnya.

Baca juga: Paus Fransiskus Puji Semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Keberagaman dalam Persatuan

Di hadapan Presiden Joko Widodo (Yokowi), Paus Fransiskus juga menyinggung pemaksaan pihak berwenang yang berujung pada kekerasan di negaranya sendiri.

Bahkan, Paus Fransiskus juga mengingatkan unsur keadilan sosial dalam pembukaan UUD 1945.

Berikut pidato lengkap Paus Fransiskus di Istana Negara Jakarta:

Bapak Presiden, para pejabat yang saya hormati, para wakil masyarakat sipil yang saya hormati, para anggota korps diplomatik.

Saya berterima kasih dari lubuk hati saya yang paling dalam, Tuan Presiden, atas undangan baik Anda untuk mengunjungi negara Anda dan atas komentar baik Anda.

Saya menyampaikan salam hangat kepada Presiden yang baru terpilih atas pengabdiannya yang bermanfaat di Indonesia, sebuah negara kepulauan yang luas yang terdiri dari ribuan pulau yang dikelilingi oleh lautan yang menghubungkan Asia dan Oseania.

Baca Juga: Paus Fransiskus Sambut Prabov Sebagai Presiden Terpilih, Sampaikan Salam Hangat

Dapat dikatakan bahwa sebagaimana laut merupakan elemen alam yang menyatukan seluruh pulau di Indonesia, maka rasa saling menghormati terhadap keunikan budaya, suku, bahasa, dan agama semua golongan di Indonesia merupakan landasan yang tidak tergantikan dan menjadi pemersatu, sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara yang paling maju. bangsa yang bersatu dan bangga.

Motto negara Anda, Bhinneka Tunggal Ika, mengungkapkan realitas beragam dari beragam orang yang bersatu dalam satu bangsa.

Semboyan ini juga menunjukkan bahwa sebagaimana keanekaragaman hayati yang ada di negeri kepulauan ini merupakan sumber kekayaan dan keindahan, maka perbedaan-perbedaan tersebut memberikan kontribusi tersendiri dalam terbentuknya sebuah mosaik yang sangat luas, yang masing-masing merupakan elemen yang sangat diperlukan dalam terciptanya sebuah negara. mahakarya, otentik dan nyata. berharga

Harmoni dalam keberagaman tercapai ketika perspektif tertentu mempertimbangkan kebutuhan bersama semua orang dan ketika setiap kelompok etnis dan denominasi agama bertindak dalam semangat persaudaraan, mengejar tujuan mulia dan melayani kebaikan bersama.

Baca juga: Kisah Kesederhanaan Paus Fransiskus: Dari Bus Hingga Jam Tangan Plastik

 

Menyadari partisipasi dalam sejarah bersama, di mana solidaritas merupakan elemen penting dan setiap orang berkontribusi, membantu menemukan solusi yang tepat untuk menghindari iritasi yang timbul dari perselisihan dan mengubah penolakan menjadi kerja sama yang efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top