4 Cara Aman Berkendara Melewati Jalan Berkelok

SOLO, virprom.com – Kondisi jalan di Indonesia sangat bervariasi, terutama di daerah perbukitan atau pegunungan, sehingga pengemudi dihadapkan pada jalan memutar.

Jalan yang berkelok tidak hanya memerlukan konsentrasi tinggi namun juga keterampilan berkendara yang baik agar terhindar dari risiko kecelakaan.

Berdasarkan postingan akun Instagram @pupr_bpjt, ada empat cara aman berkendara di bundaran.

Baca juga: Neta

1. Parkirkan mobil di jalur kiri

Lihatlah ke kaca spion untuk menghitung jarak antara mobil dan tepi kiri jalan. Jika terlalu sempit akan berbahaya, apalagi jika di sisi kiri terdapat bebatuan dan jurang.

2. Arahkan mobil ke titik luar

Jika Anda berbelok tajam ke kanan, gerakkan mobil sejauh mungkin ke kiri. Jika ingin belok kiri, belok mobil ke kanan. Tujuannya agar pengemudi berbelok ke tikungan yang lebih lebar.

Baca juga: Jangan lupa periksa kondisi ban mobil Anda sebelum melakukan perjalanan jauh

3. Perlambat saat mendekati tikungan dengan menginjak rem

Jika Anda menggunakan kendaraan manual, pelan-pelanlah saat mendekati tikungan tajam. Usahakan masuk ke tikungan dengan kecepatan tinggi, lalu kendarai mobil secara perlahan.

Jika Anda terburu-buru di tikungan tajam, akan sulit mengendalikan mobil sepenuhnya.

4. Gunakan kecepatan yang wajar

Hal ini sebaiknya dilakukan, apalagi jika tikungan yang Anda lalui buta agar tidak melihat sebagian jalan.

Situasi seperti ini sering terjadi pada jalan berbukit atau berbukit yang tikungannya terpotong oleh pepohonan atau tebing. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top