8 Buah yang Bantu Menurunkan Risiko Diabetes

virprom.com – Buah mengandung banyak nutrisi termasuk fitokimia yang dapat menangkal penyakit, termasuk menurunkan risiko diabetes.

Meski mengandung gula alami bernama fruktosa, bukan berarti buah harus dihindari untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah diabetes.

Baca juga: Penderita Diabetes Harus Banyak Makan Apa? Berikut penjelasannya…

Mengutip Eating Well, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi buah utuh dalam jumlah sedang hingga tinggi ternyata memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Mereka yang mengonsumsi makanan kaya buah juga memiliki toleransi glukosa dan sensitivitas insulin yang lebih baik, dua faktor yang juga berhubungan dengan diabetes tipe 2.

Di antara kedua jenis diabetes melitus (tipe 1 dan tipe 2), risiko diabetes tipe 2 seringkali hanya dapat diatasi dengan gaya hidup sehat, termasuk pola makan bergizi seimbang.

Buah apa yang baik untuk mengurangi risiko diabetes? Lanjutkan membaca artikel berikut ini.

Baca juga: 14 Hal yang Dapat Meningkatkan Risiko Terkena Pradiabetes Buah-buahan yang Anda Pilih untuk Mengurangi Risiko Diabetes

Dikutip dari WebMD, penelitian yang melibatkan lebih dari 200.000 orang menemukan bahwa mengonsumsi setidaknya lima porsi buah kaya antosianin setiap minggunya mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 23 persen.

Antosianin merupakan zat kimia yang memiliki sifat antioksidan dari keluarga flavonoid.

Mengutip Daily Health, American Diabetes Association (ADA) mencatat banyak jenis buah yang kaya akan vitamin dan mineral, serta serat.

Serat adalah nutrisi kuat yang dapat mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, menurut Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan.

Baca juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Gula? Ini penjelasannya…

Jenis buah berikut ini bisa menjadi pilihan untuk menurunkan risiko diabetes: Buah beri

Buah beri termasuk blueberry, stroberi, raspberry, dan jenis buah beri lainnya.

Buah beri merupakan makanan super untuk melawan diabetes karena mengandung antioksidan dan serat.

Selain memakannya langsung, cara yang baik untuk mengonsumsi buah beri adalah dengan mencampurkannya dengan yogurt Yunani. Ceri asam

Ceri asam mengandung antioksidan yang dapat melawan peradangan. Peradangan dapat menyebabkan resistensi insulin, penyebab diabetes tipe 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top