Pengendara Motor, Begini Cara Aman Mendahului Kendaraan Besar

JAKARTA, virprom.com – Menyalip kendaraan besar seperti truk atau bus menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara sepeda motor.

Bukan hanya karena ukurannya yang besar, tapi juga karena adanya blind spot yang lumayan besar sehingga bisa membuat pengendara sepeda motor hilang dari pandangan pengemudi kendaraan besar.

Penting bagi pengendara sepeda motor untuk memahami dan menerapkan tindakan keselamatan saat berpapasan dengan kendaraan besar di jalan raya.

Baca juga: Cegah Kebakaran Mobil Listrik, Korsel Percepat Sertifikasi Baterai

Menurut Safety Promotion Manager PT Wahana Makmur Sejat Agus San, hal terpenting saat berpapasan dengan kendaraan besar adalah memastikan keselamatan.

“Saat ingin berpapasan dengan kendaraan besar, selalu pastikan bagian depan kendaraan dalam keadaan bersih. Luangkan waktu Anda dan pastikan tidak ada hambatan di jalan Anda. “Dengan tetap waspada dan menghindari blind spot, kita dapat mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan perjalanan aman,” kata Agus Sani kepada virprom.com, Senin (26/08/2024).

Agus Sani menambahkan, selain memastikan keselamatan jalan, pengendara sepeda motor juga harus berhati-hati saat melintas.

Menurut dia, pengendara sepeda motor harus menjaga kecepatan tetap dan tidak terlalu dekat dengan kendaraan besar sebelum melintas.

“Jangan memaksakan diri untuk melintas jika kondisi jalan tidak memungkinkan. Tunggu hingga ada tempat yang cukup luas dan aman sebelum memutuskan untuk melintas,” jelas Agus.

Beliau juga mengingatkan pentingnya penggunaan klakson atau lampu sein untuk menginformasikan kepada pengemudi kendaraan besar yang akan kita lewati.

“Beri tanda yang jelas baik dengan klakson maupun lampu sein agar pengemudi kendaraan besar menyadari keberadaan kita. Hal ini penting untuk mengurangi risiko kecelakaan terutama di jalan raya,” imbuhnya.

Baca juga: Desain Eksterior Nissan Serena e-Power, Sama Model Lama?

Selain itu, Agus berpesan agar tidak melintas di sisi kiri, karena di sisi tersebut pengendara kendaraan berat tidak bisa melihat pengendara sepeda motor.

“Menyalip dari kiri sangat berbahaya, apalagi blind spot kendaraan besar selalu lebar di kedua sisi. Usahakan selalu menyalip dari kanan dengan jarak yang aman,” tegasnya. Dengarkan berita terpopuler dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran media favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top