Paetongtarn Shinawatra Resmi Terima Persetujuan Jadi PM Baru dari Raja Thailand, Apa Janjinya?

BANGKOK, virprom.com – Paetongtarn Shinawatra mendapat dukungan resmi dari Raja Thailand untuk menjadi Perdana Menteri baru Thailand pada Minggu (18/8/2024).

Persetujuan tersebut juga membuka jalan baginya untuk segera membentuk kabinet dalam beberapa minggu mendatang.

Pengesahan Raja Maha Vajiralongkorn yang bersifat formalitas itu dibacakan Sekretaris DPR Apat Sukhanand dalam sebuah upacara di Bangkok hari ini.

Baca juga: Paetongtarn Shinawatra Terpilih Perdana Menteri Thailand di Usia 37 Tahun, Ayah dan Bibinya Pernah Berkuasa

Dengan mengenakan seragam resmi, Paetongtarn berlutut untuk memberi penghormatan pada potret raja.

Ia kemudian memberikan pidato singkat untuk mengucapkan terima kasih kepada raja dan wakil rakyat yang telah mendukungnya sebagai perdana menteri.

“Sebagai pimpinan lembaga eksekutif, saya akan menjalankan tugas bersama anggota legislatif dengan hati terbuka,” ujarnya.

“Saya akan mendengarkan semua pendapat agar kita bisa memajukan negara ini dengan stabilitas bersama,” tambah Paetongtarn.

Dalam penugasan barunya, Paetongtarn menghadapi tantangan di beberapa bidang.

Di antaranya lesunya perekonomian negara dan menurunnya popularitas Partai Thai Pheu, meski belum mampu mencapai program utama distribusi uang dompet digital senilai 500 miliar baht.

Usai mendapat dukungan kerajaan, Paetongtarn memeluk ayahnya, Thaksin Shinawatra, dan anggota keluarga lainnya.

Baca juga: Profil Perdana Menteri Baru Thailand Paetongtarn Shinawatra Parlemen Thailand Akan Pilih Perdana Menteri Baru, Ini Kandidat Senat Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

Dalam konferensi pers pertamanya, Paetongtarn mengatakan dia akan melanjutkan semua kebijakan pendahulunya Srettha, termasuk stimulus dan reformasi ekonomi yang “lebih besar”, mengakhiri obat-obatan terlarang, meningkatkan sistem perawatan kesehatan universal dan mempromosikan keragaman gender.

  Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top