Jokowi: Jangan Ragukan Komitmen Indonesia Capai “Net Zero Emissions”

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengimbau semua pihak tidak meragukan komitmen Indonesia untuk mencapai nol emisi dan berkontribusi terhadap dunia yang lebih hijau.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat berpidato di Indonesia International Sustainability Forum (IISF) di Batavia Convention Center (JCC), Senayan, Batavia Pusat, Kamis (5/9/2024).

“Jangan ragukan komitmen Indonesia untuk mencapai nol emisi dan berkontribusi pada dunia luar,” kata Jokowi, Kamis.

Baca juga: Saat Jokowi Langsung Pakai Innova Zenix Usai Pertemuan dengan Paus Fransiskus…

Perdana Menteri mengatakan Indonesia terbuka terhadap kerja sama dengan semua pihak untuk mempromosikan potensi dunia hijau.

Kemudian mendorong akses yang adil terhadap energi hijau dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Karena kerja sama bukanlah suatu pilihan. Kemanusiaan bukanlah suatu pilihan, tetapi suatu keharusan dan tanggung jawab,” ujarnya.

Kemudian beliau menjelaskan potensi besar Indonesia untuk menciptakan dunia hijau.

Indonesia, kata dia, saat ini memiliki kapasitas energi lebih dari 3.600 Gigawatt (GW).

Baca juga: Jokowi Minta KPU Cegah Konflik dan Politik di Pilkada 2024

Indonesia juga memiliki pembangkit listrik tenaga surya terapung di Cirata, Jawa Barat dengan kapasitas 192 Megawatt (MWp). Ini merupakan PLTS terbesar di Asia Tenggara, dan terbesar ketiga di dunia.

Di sisi lain, Indonesia mempunyai potensi besar dalam ekstraksi gas. Hutan bakau merupakan yang terluas di dunia dengan luas mencapai 3,3 juta hektar.

“Dapat menyerap karbon 8 hingga 12 kali lebih baik dibandingkan hutan tropis. Ini yang belum banyak diketahui orang,” ujarnya.

Apalagi kawasan hijau Indonesia seluas 13.000 hektar.

“Ini juga salah satu yang terbesar di dunia,” jelas Jokowi. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita yang Anda sukai untuk mengakses Channel whatsapp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top