Kenali Penyebab Bearing Roda Sepeda Motor Cepat Rusak

JAKARTA, virprom.com – Dalam kondisi tertentu, sepeda motor kerap mengeluarkan suara ketukan saat melaju di jalan tidak rata atau saat rem diinjak.

Ada banyak faktor tergantung dari mana suara itu berasal. Namun yang biasa terjadi adalah karena bantalan roda yang rusak.

Ribut Vahudi, Direktur Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, menjelaskan, jika ada suara keras dari roda saat motor berputar, kemungkinan masalahnya ada di dalamnya.

Baca selengkapnya: Sepeda listrik bertingkat MAB sedang diuji

“Yang menyebabkan kerusakan adalah jalan berlubang atau kecepatan tinggi dan gaya berkendara yang buruk seperti meninju,” ujarnya kepada virprom.com, Sabtu (7/9/2024).

Ia mengatakan, sepeda motor tersebut ditopang beruang sehingga guncangan di jalan tidak terlalu berdampak.

Selain kondisi jalan yang keras, lingkungan juga mempengaruhi umur roda karena banyak benda asing yang masuk ke dalamnya.

Ditambahkan Vahudi, “Alasan kedua adalah segel pembawa sudah aus sehingga air cepat meresap.”

Baca Juga: 2 Alasan Orang Memiliki Toyota Starlet

Dikatakannya, bantalan tersebut dilengkapi dengan rubber cover atau penutup untuk mencegah masuknya debu atau kotoran ke dalam sepeda motor, seraya berharap bantalan tersebut dapat bertahan lama.

“Selalu perhatikan seal velg, segera bersihkan jika ada kotoran sebagai pelumas untuk memperpanjang umur bearing. Seal juga berfungsi untuk melindungi oli dari bau dan pembersihan bantalan,” kata Otomotor Academy Sepeda Motor Yogyakarta. guru, Jihan di waktu yang berbeda. Dengarkan pilihan siaran dan berita utama langsung di ponsel Anda. Pilih saluran pesan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top