Penderita Diabetes Harus Banyak Makan Apa? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Penderita diabetes perlu mengubah pola makannya agar gula darahnya stabil. Jadi apa yang harus dimakan penderita diabetes?

Ternyata penderita diabetes harus banyak makan buah dan sayur karena tinggi serat sehingga menurunkan kadar gula darah sekaligus mencegah kelebihan berat badan.

Untuk lebih jelasnya lihat Manfaat Buah dan Sayur untuk Penderita Diabetes.

Baca Juga: Makanan Apa yang Meningkatkan Gula Darah? Berikut daftar 9… Apa yang Harus Dimakan Penderita Diabetes?

Penderita diabetes sebaiknya banyak makan sayur dan buah yang kaya serat, vitamin dan mineral.

Serat merupakan komponen karbohidrat kompleks yang tidak dicerna oleh enzim pencernaan, tetapi dicerna oleh mikrobakteri pencernaan.

Dikutip dari website Universitas Airlangga, banyak penelitian yang membuktikan bahwa asupan serat yang tinggi menurunkan kadar glukosa darah pasca sarapan pada pasien diabetes, pradiabetes, dan non-diabetes serta mengurangi faktor risiko kondisi kronis termasuk intoleransi glukosa, hiperinsulinemia, dan hiperlipidemia. Setelah makan siang.

Serat dalam makanan (terutama serat larut) menyerap banyak cairan di lambung dan mengentalkan makanan.

Ini memperlambat proses pencernaan sehingga penyerapan glukosa terjadi secara lambat. Penyerapan glukosa yang lebih lambat menurunkan kadar glukosa darah.

Seperti dilansir Soeradji Tirtonegoro dari laman rumah sakit, pola makan tinggi serat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga memungkinkan sel-sel tubuh menggunakan glukosa darah sebagai energi dengan lebih efisien. Ini pada akhirnya menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Baca Juga: Sayuran Apa yang Baik untuk Penderita Diabetes? Berikut 7 daftarnya

Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan bagian penting dari makanan penderita diabetes bersama dengan serat, mineral dan vitamin.

Misalnya saja magnesium, mineral yang terdapat pada buah dan sayur, berperan dalam metabolisme karbohidrat dan pergerakan glukosa sehingga membantu mengatur kadar gula darah.

Selain itu, terdapat vitamin C yang banyak terdapat pada sayur dan buah, yang berperan dalam mengurangi stres oksidatif dan mencegah komplikasi diabetes seperti tukak kaki.

Penderita diabetes tidak boleh lupa makan sayur dan buah.

Hampir semua jenis sayuran aman untuk diabetes, kecuali sayuran bertepung, antara lain kentang, ubi, jagung, dan kacang polong. Sayuran bertepung umumnya sebaiknya dibatasi atau dikonsumsi dalam porsi sesuai anjuran dokter.

Sedangkan untuk buah-buahan, penderita diabetes sebaiknya mengurangi buah-buahan dengan kandungan gula tinggi, seperti semangka, pisang, dan mangga.

Baca Juga: Sayuran Apa yang Baik untuk Penderita Asam Urat? Berikut adalah daftar 5 berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top