Pesan Mendagri ke Petahana yang Maju Pilkada: Jangan Tinggalkan Pekerjaan!

JAKARTA, Kompass.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mewanti-wanti para kepala daerah yang mencalonkan diri pada Pilkada 2024 karena tidak terpikir untuk memenangkan pilkada.

“Tolong jangan keluar dari pekerjaan karena ingin memenangkan kompetisi ini, tapi semua pekerja akan bekerja dengan baik,” kata Tito dalam Konferensi Nasional Perburuhan Kabupaten Seluruh Indonesia di Jakarta Convention Center, Rabu (10/7/). . 2024).

Tito membenarkan, saat ini para pemimpin daerah sedang mengunjungi masyarakat untuk melakukan pemilu, namun harus tetap melayani masyarakat.

Selain para pemimpin utama daerah, Tito juga mewanti-wanti para pemimpin daerah harus mengundurkan diri jika ingin bersaing memperebutkan kepemimpinan daerah pada Pilkada 2024.

Baca Juga: Mendagri Umumkan Rapat Pimpinan Daerah Dibagi Tiga Tahap pada Pilkada 2024;

Dikatakan, pengunduran diri tersebut harus dilakukan sebelum 22 September 2024

Selain itu, Tito ingin para pemimpin daerah memberitahukan kepada Kementerian Dalam Negeri jika ingin maju pada Pilkada 2024.

Komisioner Nasional telah mengumumkan tanggal penutupan pendaftaran peserta pilkada terhitung 27 Agustus 2024, yaitu 17 Juli 2024 atau 40 hari sebelumnya.

“Khusus pj, saya mohon agar saya tahu, batas waktunya 17 Juli. Jadi 27 Agustus itu 40 hari sebelum masa pendaftaran. Jadi kasih tahu saya,” kata Tito.

Baca Juga: Mendagri: Direktur Daerah yang maju Pilkada harus mengundurkan diri dari ASN maksimal 40 hari sebelum pendaftaran.

Tito mengatakan, sejauh ini ada 10 kepala daerah yang ingin mundur karena berencana mencalonkan diri pada Pilkada 2024.

Teetop juga tidak mempermasalahkan rencana petugas tersebut, selama mereka melapor ke Kementerian Dalam Negeri, akan ada direktur daerah langsung yang akan menggantikannya.

“Karena kita butuh waktu untuk mempersiapkan perubahan. Kita harus menyurati DRP, gubernur untuk mendapat komentar, apakah ada masalah hukum atau tidak jika ada sidang di TPA dengan KPK dan PPATK,” kata Tito.

“Jadi sebelum tanggal 17 Juli, yang mau memilih (pilkada), beritahu kami,” imbuhnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda Pilih berita yang Anda suka untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top