Sering Terjebak Macet Bikin Ganti Oli Lebih Cepat?

SOLO, virprom.com – Penggantian oli mesin mobil diketahui sebaiknya dilakukan secara rutin sesuai anjuran pabrikan mobil.

Penggantian oli bisa tergantung jarak tempuh mobil, misalnya setiap 10.000 kilometer atau jangka waktu pemakaian maksimal enam bulan.

Namun, mobil yang sering dioperasikan dalam kondisi lalu lintas padat memerlukan penggantian oli lebih cepat, karena kualitas oli lebih cepat menurun.

Baca juga: Ini Bocoran Kendaraan yang Bisa Gunakan Pertalite

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel khusus Worner Matic, mengatakan umur mesin juga dapat mempengaruhi kualitas oli mesin.

Oleh karena itu, Anda juga harus memperhitungkan berapa lama mobil akan digunakan dengan mesin menyala, serta waktu penggantian oli.

“Sesuai rekomendasi ATPM, ada baiknya mengganti oli, namun bagi kendaraan yang sering digunakan di kemacetan, sebaiknya diganti lebih awal,” kata Hermas kepada virprom.com, baru-baru ini.

Hermas juga menjelaskan, hingga saat ini produsen belum membedakan interval penggantian oli di setiap wilayah.

Misalnya di tempat dengan lalu lintas padat dan lalu lintas tidak terlalu padat, interval penggantian oli sama.

Baca Juga: Kopling Manual Dilepas di Mobil, Jangan Dipaksa Mengemudinya

Namun, pemilik mobil harus memutuskan sendiri kapan harus mengganti oli tergantung jangka waktu pemakaiannya.

“ATMP tidak bisa menentukan interval penggantian oli yang berbeda-beda untuk setiap kota. Misalnya rekomendasi 10.000 kilometer digunakan di jalan ramai, sehingga umur mesin cukup lama, kata Hermas.

Menurut Hermas, penggunaan oli sesuai jam operasional dapat menjaga kualitas oli agar tetap dapat melumasi setiap komponen mesin dengan baik. Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top