Dokumen Apa Saja yang Perlu Diperhatikan saat Beli Mobil Bekas

KLATEN, virprom.com – Pentingnya melakukan riset saat membeli mobil bekas untuk mendapatkan unit yang sesuai dengan ekspektasi Anda. Selain itu, kelengkapan dokumen dari klien juga harus diperhatikan.

Dokumen yang diperlukan antara lain Buku Pemilik Kendaraan (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Faktur Penjualan Satuan, Buku Panduan Pemilik, dan Riwayat Servis.

Boncu, dari showroom mobil bekas Tresno Motors, Solo, mengatakan penting untuk memperhatikan masa berlaku dokumen saat membeli mobil bekas.

Baca Juga: Mobil bekas masih menjadi idola di pasar mobil bekas

Pastikan model dan nomor mesin yang tercatat di BPKB dan STNK sama dengan unitnya, artinya kendaraan tersebut memiliki informasi kepemilikan yang benar, kata Bonku kepada virprom.com, baru-baru ini.

Selain BPKB dan STNK, menurut Bonku, invoice pembelian dapat memberikan informasi penting mengenai asal dan kondisi properti.

“Anda juga bisa menanyakan buku manual pemilik dan riwayat servis berkala untuk mengetahui apakah mobil telah dirawat dengan baik,” kata Boncu.

Baca juga: Jaringan Dealer Mobil Honda diperluas di Gorontalo

Direktur Polisi Corlantas Mayor Paul Yussri Yunus menegaskan, mobil palsu tersebut adalah milik orang yang tidak dikenal, dari mana asalnya, dan lain sebagainya.

“Karena mobil palsu tidak memiliki surat-surat resmi, maka mobil palsu itu ibarat barang curian, sehingga perlu hati-hati dalam membeli mobil bekas,” kata Yussri kepada Kompas.

Selain itu, jika mobil palsu dibeli sembarangan, ada risiko menjadi ilegal, sehingga jika Anda mengemudi di jalan raya, Anda bisa kena tilang jika tertangkap polisi.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Mobil Kebanjiran, Ucap Jasa Inspeksi

Belum lagi, kalau mobilnya dicuri, ada risiko disita tentara, kata Yussri.

“Perlu diketahui juga, hukuman tidak punya STNK dan mengendarai mobil palsu itu berbeda-beda. Kalau tidak punya, akan didenda, tapi kalau mobil palsu, tentara bisa menyita.” – kata Yusri.

Jadi, lebih baik hindari membeli mobil palsu dan jangan membeli meski tertipu dengan harga murah.

  Dengarkan pilihan berita dan pembaruan dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top