Babak Baru Kasus Penggunaan Jet Pribadi, Kaesang Kini Dibidik KPK

JAKARTA, virprom.com – Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep, menjadi incaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah berhari-hari disorot publik di media sosial.

Publik gencar mempertanyakan dan mengusut dugaan jet pribadi Gulfstream G650ER yang digunakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kaesang dan istrinya Erina Gudono dikabarkan terbang ke AS menggunakan jet pribadi.

Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan, komisi antirasuah sedang mendalami kemungkinan Kaesang Pangarep menerima sejumlah dana karena campur tangan keluarga.

Baca juga: KPK Selidiki Kemungkinan Kaesang Dapat Akomodasi Karena Adanya Intervensi Keluarga

Hal ini merupakan bagian dari penyelidikan yang dilakukan terhadap Kaesang terkait dugaan pemberian tip berupa jet pribadi.

Tentu perlu diperjelas apakah tunjangan yang diterima orang tersebut ada kaitannya, misalnya dengan jabatan penyelenggara publik di keluarganya, kata Nawawi kepada virprom.com, Jumat (30/8/2024).

Nawawi mengatakan Kaesang bukanlah pejabat pemerintah yang wajib melaporkan penghasilannya ke KPK.

Meski demikian, Ketum PSI tetaplah anak Presiden Joko Widodo, sekaligus adik dari Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuminga Rak.

Oleh karena itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu memperjelas pemberian kesempatan kepada Kaesang yang diduga ikut campur dalam urusan keluarganya.

“Klarifikasi permasalahan tersebut merupakan kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi. “Yang bersangkutan (Kaesang) mungkin bukan penyelenggara publik, tapi masyarakat tahu siapa orangnya,” kata Nawawi.

Nawawi menegaskan, Direktorat Suap atau Pengaduan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi menangani seluruh laporan atau pengaduan masyarakat.

Termasuk Kaesang Pangarep. Oleh karena itu, suami Erina Gudono akan menjelaskan laporan yang disampaikan ke komisi antirasuah tersebut.

Baca juga: KPK Minta Kaesang Tunjukkan Bukti Pembayaran Jet Pribadi. Kaesang pun langsung dipanggil

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Alexander Marwata mengungkapkan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengirimkan surat panggilan kepada Kaesang untuk menjelaskan dugaan tip penggunaan jet pribadi.

Surat, undangan sedang disiapkan, kata Alex, sapaan akrab Alexander Marwata, dalam jumpa pers di kantor KPK, Jumat sore.

Jokowi, putra sulung presiden, telah diminta mengunjungi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indonesia untuk menjelaskan meningkatnya masalah penggunaan jet pribadi oleh Kaesang dan istrinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top