China Selatan Bersiap Hadapi Topan Yagi yang Dahsyat

BEIJING, virprom.com – Topan Yagi yang kuat diperkirakan akan melanda provinsi dan kota di Tiongkok selatan.

Pada Rabu (4/9/2024) malam, Topan Yagi berubah menjadi topan kuat dan saat ini berada sekitar 610 kilometer tenggara Kabupaten Xuwen, Kota Zhanjiang, Provinsi Guangdong.

Sebagai tanggapan, pemerintah menutup sekolah dan menunda beberapa penerbangan menjelang terjadinya topan.

Baca juga: Bus Sekolah Tabrak Kerumunan di China, 11 Tewas

Pada Kamis (9 Mei 2024), Yagi diperkirakan bergerak ke arah barat dengan kecepatan 10-15 km/jam, membawa hujan lebat ke wilayah pesisir selatan Guangdong dan Pulau Hainan.

Topan tersebut diperkirakan akan melanda sepanjang pantai dari Qionghai, Hainan hingga Dianbai, Guangdong mulai siang hingga malam hari pada 6 September 2024.

Kereta api dan kapal ditangguhkan di Hainan pada Kamis pagi, dan banyak sekolah di Tiongkok selatan ditutup, termasuk di pusat keuangan Hong Kong dan pusat perjudian Makau.

Hong Kong mengatakan akan mempertimbangkan untuk mengeluarkan peringatan topan tertinggi ketiga pada Kamis sore, yang akan menutup banyak bisnis dan mengurangi lalu lintas di wilayah administratif khusus tersebut.

Otoritas setempat terkait mengatakan bahwa mulai jam 8 malam pada hari Kamis hingga tengah malam pada hari Kamis, semua penerbangan masuk dan keluar dari Bandara Hainan Haikou akan ditangguhkan. Mereka juga menutup pantai dan tempat wisata pesisir.

Diketahui bahwa topan super Yagi yang diperkirakan akan melanda Haina jarang terjadi.

Sebab, sebagian besar topan yang mendarat di pulau bebas bea tergolong topan lemah.

Baca juga: Sabina Shoal, Titik Konflik Baru China dan Filipina di Laut China Selatan

Dari tahun 1949 hingga 2023, terdapat 106 topan di Hainan, namun hanya 9 topan super.

Sementara itu, sedikitnya 13 orang tewas di Filipina awal pekan ini akibat Topan Yagi. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top