Tegaskan Persiapan PON XXI 2024 Baik, Menpora Bantah Isu Dugaan Penyelewengan

virprom.com – Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (Menpora) terus memantau penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara.

Termasuk kunjungan langsung ke berbagai fasilitas olahraga yang telah dikembangkan dan siap digunakan untuk pertandingan.

Ia juga memuji venue-venue yang telah memenuhi standar internasional, seperti Stadion Atletik Madya Sport Center Sumut yang mendapat sertifikasi Olahraga Dunia, dan Medan International Convention Center (MICC) yang akan menjadi tuan rumah pertandingan elektronik.

Lalu lapangan voli pantai Pulau Samosir yang menyuguhkan pemandangan indah dan berpotensi menjadi daya tarik bagi peserta dan penonton.

Baca Juga: Format, Jadwal dan Link Live Streaming Pertandingan Free Fire di PON XXI

“Jadi bukan berarti semua stadion tidak sama. Kalau mau melihat secara luas, bidang olah raga saya rasa tidak perlu ditanyakan karena sudah diterima oleh Dunia Olah Raga dan juga e. – GOR,” kata Dito Ariotedjo.

Ia mengucapkan terima kasih atas kerja pemerintah daerah dan masyarakat yang berperan besar dalam persiapan PON XXI 2024.

Ia juga menegaskan, tidak semua bioskop bermasalah. Banyak venue yang berstandar internasional dan siap digunakan untuk pertandingan, meski ada juga yang masih dalam proses penyelesaian.

“Kami juga sudah mengunjungi seluruh taman bermain yang ada di Sumut. Kita lihat persiapannya sudah bagus, meski ada beberapa yang belum selesai,” ujarnya.

Baca juga: Dugaan Kejanggalan Belanja Terkait PON XXI: Polri dan Tim Pengiriman

Sementara dugaan penyalahgunaan anggaran belakangan ramai diperbincangkan.

Menurut dia, informasi yang tersebar di media sosial tidak akurat dan patut dikoreksi.

Soal tudingan penyimpangan anggaran, informasi yang tersebar tidak lengkap. Makanya harus kita bantah. Saya yakin pelaksanaan di sini tidak seperti yang diberitakan di media sosial, kata Dito Ariotedjo.

Bareskrim meminta Polri mengusut dugaan korupsi yang muncul terkait pemberitaan negatif. Menurutnya, penyelidikan ini diperlukan untuk memverifikasi kebenaran tuduhan tersebut.

“Awalnya ini tanggapan saya di awal pembukaan yang langsung diserang di media sosial terkait dugaan korupsi. Padahal, yang muncul di media sosial itu beberapa contohnya,” ujarnya.

Kini, ia juga mengimbau masyarakat memanfaatkan Grup Tata Kelola PON yang dibentuk khusus untuk menerima pengaduan, informasi, dan laporan dugaan penipuan.

Baca Juga: Anggaran Arena PON 2024 Capai Miliaran Rupee, Tapi Arena Masih Belum Rampung – Jalan Berlumpur

Dijelaskannya, pelaksanaan PON XXI 2024 diawasi oleh dua gugus tugas, yakni Tim Penindakan dan Satgas Pemerintah yang dipimpin Wakil Jaksa Agung.

Satgas Pemerintah juga mencakup Biro Pengawasan Perekonomian dan Pembangunan (BPKP), Kabareskrim Polri, dan lembaga lainnya.

Artinya, kalau memang ada dugaan pemberitaan yang benar-benar melebih anggaran, silakan lapor. Tim manajemen yang akan menanganinya, katanya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top