Asam Urat Harus Minum Apa? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Penderita asam urat kerap diminta menghindari atau membatasi makanan kaya purin, seperti daging merah, seafood, dan seafood, agar kondisinya kembali normal.

Selain menghindari makanan tertentu, penderita asam urat juga harus berhati-hati dalam mengonsumsi minuman. Pasalnya, banyak minuman yang memiliki kandungan purin tinggi. Jadi apa yang harus Anda minum untuk asam urat?

Asam urat yang tidak terkontrol dapat menyebabkan serangan asam urat atau asam urat pada persendian sehingga menimbulkan nyeri hebat dan peradangan.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika seseorang menyadari kadar asam uratnya tinggi adalah dengan mengubah pola makan, terutama menghindari makanan dan minuman yang mengandung purin.

Menurut Arthritis Foundation, penderita asam urat sebaiknya minum air putih agar cepat sembuh.

Air putih disebut-sebut sebagai minuman terbaik bagi penderita asam urat karena mampu mengeluarkan kelebihan asam urat dari darah melalui urin.

Air juga menghidrasi persendian sehingga mencegah gejala lainnya. Untuk itu, sebaiknya minumlah minimal 8 gelas atau 2 liter air sehari.

Selain air putih, penderita asam urat disarankan mengonsumsi cairan yang rendah purin dan gula.

Minuman manis atau bergula dapat meningkatkan risiko asam urat karena mengandung fruktosa yang diubah tubuh menjadi purin.

Jadi, menurut MedlinePlus, minuman terbaik untuk asam urat adalah: Teh herbal: Mengandung antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang memicu serangan asam urat. Contoh teh herbal termasuk kopi, lavender, dan kembang sepatu: Minum kopi dapat meningkatkan laju pembuangan asam urat dari tubuh, dan meningkatkan sensitivitas insulin untuk mengurangi ekskresi natrium dan asam urat oleh ginjal. Lebih baik minum kopi tanpa gula, krim kental manis dan krim kocok. Jika ingin minum kopi dengan susu sebaiknya gunakan susu skim Jus lemon: kaya vitamin C yang baik untuk menetralkan kadar asam urat dalam tubuh Jus ceri segar: kaya akan antioksidan bernama antosianin yang dapat menurunkan asam urat. hijau. Teh: Menurut penelitian, teh hijau dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan juga membantu melawan peradangan.

Selain mengonsumsi minuman-minuman di atas, penderita asam urat dapat bertanya kepada dokter mengenai perubahan gaya hidup atau pengobatan yang diperlukan untuk mengatasi kondisinya. Dengarkan berita dan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top