Menpora: Jadikan PON XXI sebagai Batu Loncatan ke Ajang Olimpiade Esports 2025

MEDAN, virprom.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotejo saat menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh dan Sumut mengatakan e- olahraga akan menjadi titik awal bagi para atlet untuk bersaing secara internasional. kompetisi

Hal itu disampaikan Dito pada acara pembukaan eSports PON XXI yang digelar di Medan International Convention Center, Medan, Sumatera Utara pada Jumat malam (13/09/2024). 

Menurutnya, para atlet yang berlaga di e-sports PON XXI harus memiliki pola pikir yang kuat dan pantang menyerah dalam pertandingan yang akan diikutinya. 

“Para atlet harus menganggap ini sebagai PON terakhir dan baru akan bertanding pada 2025.” di Olimpiade Esports,” kata Dito kepada para tamu.

“Pada PON mendatang mereka sudah bisa bermain kembali mewakili daerahnya, namun untuk saat ini mereka harus memiliki tujuan yang lebih tinggi agar tetap termotivasi dan juga bersaing di olimpiade esports,” tambah Dito.

Baca juga: Olimpiade E-sport Akan Digelar di Arab Saudi Tahun Depan

Dito melanjutkan, penting untuk menanamkan mental juara pada para atlet tersebut. Bahkan, eSports baru pertama kali menjadi cabang olahraga resmi pada PON XXI 2024, berbeda dengan PON XX Papua 2021 yang masih bertaraf ekshibisi. 

Selain itu, banyak juga pemain profesional Indonesia yang telah banyak memenangkan kejuaraan di kompetisi eSports. Salah satunya adalah atlet yang baru beberapa pekan lalu berhasil meraih gelar juara dunia pada game “Football Manager 2024”.

Dengan menjadi cabang olahraga resmi dan meraih banyak prestasi, tak heran jika Dito berharap timnas Indonesia bisa bersinar di Olimpiade Esports 2025, meski belum diketahui nama pertandingan yang akan mereka ikuti. Sungguh 

“Ini menjadi dorongan bagi eSports di Indonesia, pada tahun 2025 Olimpiade esports akan berlangsung setelah PON XXI 2024,” jelas Dito.

“Ini juga menjadi pekerjaan rumah bagi Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) untuk mempersiapkan segala sesuatunya, salah satunya menyiapkan tim khusus eSports nasional untuk berlaga di eSports Special Olympics,” tutup Dito.  PON XXI 2024 tentang olahraga elektronik

Pada tahun 2024 Ajang eSports PON XXI Aceh Sumut akan menampilkan lima game utama yaitu Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB), Free Fire, PUBG Mobile, Lokapala dan eFootball, serta dua game ekshibisi yaitu Honor of Kings. dan Pertempuran Penjaga.

Ajang ini akan menampilkan 260 atlet dari 52 event karena nomor pertandingan utama Games dan 48 atlet dari 16 kontingen karena nomor pertandingan Games.

Semua tahun 2024 Pertandingan eSports PON XXI Aceh Utara dapat disaksikan di kanal YouTube PBESI atau live di MICC.

Penggemar live dapat menonton secara gratis di venue MICC dengan mendaftar di sana. 

Baca Juga: Format, Jadwal dan Link Live Streaming Pertandingan PON XXI Free Fire

Jadwal umum PON XXI 2024 Aceh Sumut untuk eSports adalah sebagai berikut: 13 September: eFootball 14 September: eFootball, PUBG Mobile, Free Fire 15 September: PUBG Mobile, Free Fire, Guardians Battle, Honor of Kings 16 September.: MLBB , Battle of the Guardians, Honor of Kings 17 September: Battle of the Guardians, Honor of Kings, MLBB, Lokapala 18 September: MLBB, Lokapala 19 September: Lokapala Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top