Bagaimana Keluarga Harus Merawat Penderita Alzheimer? Ini Kata Psikiater…

virprom.com – Memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit Alzheimer memang sangat menantang, karena banyak penyesuaian yang harus dilakukan untuk menunjang kehidupannya.

“Memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit Alzheimer bukanlah hal yang mudah. Lahargo Cambren, SpKJ, Kamis (12/9/2024) mengatakan, diperlukan berbagai perubahan, upaya, dan penyesuaian tenaga dalam menangani pasien Alzheimer.

RSJ Marzoki Mahdi dari Bogor, Kepala Program Rehabilitasi Jiwa Institut Kesehatan Jiwa Nasional, mengatakan banyak hal yang perlu diperbaiki, termasuk cara masyarakat berbicara dan berperilaku terhadap pasien Alzheimer.

Baca juga: Penyakit Alzheimer Akan Menyenangkan di Hari Tua

“Kalau ada anggota keluarga yang mengidap Alzheimer, kita harus mengubah cara bicaranya, jangan terlalu panjang, berlapis-lapis dan rumit,” kata Lahargo.

Ia menginstruksikan keluarga untuk menggunakan bahasa yang sederhana dan panjang.

Selain itu, keluarga hendaknya berusaha semaksimal mungkin untuk tidak menggunakan suara-suara yang kasar dan kata-kata yang kasar dan ‘keras’ yang sulit dimengerti.

Penderita Alzheimer mengalami gangguan daya ingat sehingga sangat penting untuk menjaga keluarga dan pola hidup normal termasuk makan dan tidur.

Artinya, memiliki sistem yang tidak banyak berubah dapat membantu pasien Alzheimer melakukan pekerjaannya dengan lebih baik, katanya.

Keluarga pasien Alzheimer juga ingin fokus pada tempat tinggal yang aman dan nyaman

Baca juga: Apakah Penyakit Alzheimer Hanya Menular pada Orang Lanjut Usia? Psikiater mengatakan…

Seperti halnya pasien Alzheimer yang cenderung mudah lupa dan mengalami disorientasi (kesulitan membedakan ruang), anggota keluarga harus membuat pembedaan yang tajam dan konsisten untuk mengidentifikasi setiap ruangan di rumah.

“Misalnya, setiap ruangan mempunyai banyak keistimewaan yang menunjukkan kegunaan ruangan tersebut,” ujarnya, sehingga meja makan dan peralatan makan didekorasi dengan warna yang lebih menarik.

Lahargo mengatakan penderita Alzheimer mudah bingung di mana mereka berada dan apa yang akan mereka lakukan.

Pencahayaan ruangan tentu akan berpengaruh juga, jadi perhatikan agar penderita Alzheimer bisa melihat gejalanya dengan jelas.

“Jangan terlalu banyak penerangan di dalam ruangan, sebaiknya tempat yang terang. Ini akan membantu pasien Alzheimer untuk tetap beraktivitas dengan lebih baik,” ujarnya.

Baca juga: Apa Itu Penyakit Alzheimer, Penyebab dan Gejalanya

Meskipun perubahan ini sulit dilakukan, peran keluarga yang merawat penting bagi pasien Alzheimer sebagai bagian dari perawatan jangka panjang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top