Libur Idul Adha, 842.227 Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek

JAKARTA, virprom.com – PT Jasa Marga (Persero) memperkirakan sebanyak 842.227 kendaraan akan meninggalkan wilayah Jabotabek pada libur panjang Idul Adha tahun 2024.

Libur panjang berlangsung selama lima hari, mulai 14-18 Juni 2024. Perkiraan lalin keluar Jabotabek diperkirakan meningkat 25,52 persen dibandingkan lalin normal.

Jumlah tersebut merupakan agregat arus lalu lintas dari gerbang tol (GT) utama yaitu GT Cikupa menuju Merak, GT Ciawi menuju Puncak, serta GT Cikampek Utama menuju Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama menuju Bandung.

Baca Juga: Ganjil-Genap Jakarta Akan Ditiadakan Saat Libur Idul Adha 2024

Dari sisi sebaran, lalu lintas dari Jabotabek paling banyak menuju ke Timur, Bandung, dan Trans-Jawa dengan perkiraan 409.536 kendaraan.

Saat ini sisanya sebanyak 239.746 kendaraan menuju Merak dan 192.945 kendaraan setara 22,91 persen menuju Selatan atau Puncak.

Kepala Departemen Pemasaran dan Komunikasi Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan, pihaknya memperkirakan puncak kendaraan yang keluar Jabotabek akan terjadi pada Sabtu (15/06/2024), sebanyak 195.966 kendaraan atau setara dengan kenaikan 32,94. persen dibandingkan lalu lintas normal.

“Jasa Marga memastikan koordinasi pelayanan jalan tol Jasa Marga Group dapat berjalan dengan baik. Khususnya di kawasan tol yang dapat menjadi daya tarik wisata pada libur panjang antara lain Jalan Jakarta-Cikampek dan Cipularang hingga Trans-Jawa dan Bandung dan Tol Jagorawi diperuntukkan bagi yang menuju Puncak dan sekitarnya, kata Faiza, Kamis (13/6/2024).

Baca Juga: Hikmah dari Kecelakaan Kecelakaan Hyundai Creta

Langkah-langkah antisipatif juga telah disesuaikan. Jasa Marga juga akan memastikan pengoperasian gardu tol di stasiun-stasiun kecil dan menambah jumlah petugas dan pembaca telepon serta kemampuan bertransaksi di gerbang tol utama.

Tidak hanya di gerbang tol, jika terdapat kemungkinan kemacetan di jalan diharapkan dengan mengirimkan petugas ke daerah-daerah yang berisiko tinggi agar segera mengatasi gangguan lalu lintas di jalan dan mengendalikan lalu lintas.

“Jasa Marga juga siap mendukung rekayasa lalu lintas dalam artian Kepolisian seperti sampah dengan menempatkan petugas dan rambu-rambu pendukung. Kami juga memastikan pelayanan pemeliharaan/perbaikan dilakukan dengan baik untuk menjaga kualitas jalan tol tersebut. Jasa Marga Group dalam kondisi baik, termasuk penanganan kendala-kendala yang mungkin timbul akibat kondisi jalan tol, terutama saat terjadi hujan lebat, dengan cepat dan tepat, ”ujarnya.

Baca Juga: Membangun Jaminan Beasiswa Hingga 50 Persen

Selain itu, kerjasama dengan pihak kepolisian terhadap tempat peristirahatan juga dilakukan pihak kepolisian jika diperlukan keleluasaan dalam membuka dan menutup dengan cara mengecek tempat parkir yang tersedia. Dengarkan berita terhangat dan pilihan berita kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top