Makanan Pemicu Gula Darah Naik Apa? Berikut 9 Daftarnya…

virprom.com – Kadar gula darah dalam tubuh bisa bergantung pada makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jadi makanan apa yang meningkatkan gula darah?

Secara umum, makanan yang menyebabkan lonjakan gula darah terbesar adalah makanan tinggi karbohidrat dan tinggi gula.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar 9 makanan penyebab lonjakan gula darah.

Baca juga: Berapa Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes? Berikut detailnya… Makanan apa saja yang meningkatkan gula darah?

Gula darah tinggi dapat ditandai dengan kondisi seperti sering haus atau lapar, mulut kering, sering buang air kecil terutama pada malam hari, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, pingsan dan pusing.

Namun gula darah tinggi tidak selalu menunjukkan gejala. Banyak pasien yang baru mengetahui kondisinya setelah memeriksakan gula darahnya dan berkonsultasi dengan dokter.

Beberapa orang sudah menderita diabetes tanpa menyadarinya.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan pencegahan, salah satunya dengan mengetahui makanan apa saja yang dapat meningkatkan gula darah Anda.

Dikutip dari WebMD dan Everyday Health, berikut makanan penyebab lonjakan gula darah yang patut Anda ketahui: Makanan kaya karbohidrat seperti nasi putih, roti putih, dan pasta dengan makanan manis atau bergula, termasuk permen, snack, selai, sirup, makanan ringan, minuman kemasan, bubuk dan aneka kue Aneka gula antara lain gula putih (gula pasir), gula jawa dan madu. daging, daging sapi, babi, domba, hot dog, sosis, bratwurst, ham dan daging kemasan (kalengan) Berbagai produk sereal yang biasa disantap saat sarapan. Oleh karena itu, pastikan untuk mempertimbangkan kandungan gula dan kalori sebelum mengonsumsi biji-bijian dan sayuran bertepung seperti kentang, jagung, singkong, serta minuman manis seperti jus buah manis, paket minuman ringan, teh manis, dan buah kaleng.

Selain makanan, lonjakan gula darah juga bisa disebabkan oleh resistensi insulin, atau kondisi dimana tubuh tidak dapat menggunakan hormon insulin untuk mengatur gula darah.

Kurangnya olahraga juga dapat meningkatkan gula darah, karena kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan obesitas (kegemukan) yang dapat berujung pada diabetes.

Baca juga: Apakah singkong meningkatkan gula darah? Berikut penjelasannya…

  Apa yang harus saya makan untuk gula darah tinggi?

Penderita gula darah tinggi sebaiknya melakukan perubahan pola makan, salah satunya memilih makanan yang aman dikonsumsi.

Menurut Departemen Kesehatan Yanks, penderita gula darah tinggi harus mengonsumsi: Karbohidrat kompleks: biji-bijian, nasi merah, roti gandum, dan biji-bijian. Sumber protein sehat: ikan, daging tanpa lemak, telur. dan tahu atau tempe Pilih lemak sehat: ikan berlemak, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun.

Selain itu, pastikan untuk mengontrol porsi makan Anda. Sebaiknya hindari makan terlalu banyak sekaligus.

Penderita gula darah tinggi bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui makanan apa saja yang aman.

Baca juga: Apa Perbedaan Glukosa Intermiten dan Puasa? Berikut detailnya… Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top