Tumbuh Uban Kurang Vitamin Apa? Berikut 3 Daftarnya…

virprom.com – Tumbuhnya uban merupakan bagian normal dari penuaan. Namun uban bisa muncul meski di usia muda karena kekurangan vitamin tertentu.

Di usia dewasa, bahkan di usia 20-an, percepatan pertumbuhan bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, vitamin D, dan vitamin E.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai penyebab uban di usia muda.

Baca juga: Vitamin apa saja yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh? Vitamin apa yang hilang dalam pertumbuhan uban?

Rambut beruban terjadi akibat menurunnya produksi melanin dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan folikel rambut kehilangan pigmen.

Rambut beruban bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin tertentu, khususnya vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan rambut beruban di usia muda. Ciputra Hospital menyebutkan vitamin B12 atau cobalamin berperan penting dalam fungsi sel dan sintesis DNA.

Padahal, tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah yang sehat dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, termasuk sel rambut.

Akibatnya, sel-sel rambut berisiko rusak dan lebih rentan mengalami perubahan warna.

Produksi pigmen rambut menjadi tidak seimbang dan akhirnya uban muncul di usia muda.

Oleh karena itu, penuhi kebutuhan vitamin B12 dengan mengonsumsi daging sapi, hati ayam atau sapi, ikan tuna, sarden, salmon, telur, dan sayuran hijau seperti bayam.

Baca juga: Vitamin apa saja yang ada dalam ASI? Berikut adalah daftar 5 suplemen vitamin D

Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan rambut beruban dini.

Asupan vitamin D yang tidak mencukupi dapat mempengaruhi pigmentasi rambut. Jika kita membiarkan rambut kehilangan pigmennya, warnanya menjadi abu-abu atau putih.

Untuk mendapatkan vitamin D, Anda bisa rutin terpapar sinar matahari dan mengonsumsi makanan laut, kuning telur, kedelai, serta suplemen sesuai anjuran dokter.

Vitamin E kaya akan antioksidan yang mampu menutrisi rambut dan kulit kepala. Asupan vitamin E yang cukup dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mencegah rambut rontok dan rambut beruban.

Oleh karena itu, orang yang kekurangan vitamin E berisiko mengalami uban meski masih muda.

Vitamin E sendiri banyak ditemukan pada buah-buahan, biji-bijian, minyak sayur, dan sayuran hijau.

Baca Juga: Apa Itu Vitamin A? Berikut 7 kegunaan… Lebih banyak alasan untuk mengubah pengembangan

Selain kekurangan vitamin tertentu, ada beberapa penyebab uban di usia muda: Genetika atau keturunan: memiliki orang tua yang memiliki uban di usia muda membuat Anda berisiko mengalami hal serupa. Stres: saat stres, tubuh memproduksinya. terlalu banyak hormon kortisol yang menyebabkan melanin menyebabkan produksi dan pigmen rambut tidak merata. Gangguan tiroid: menyebabkan penurunan produksi melanin. Paparan sinar matahari dalam waktu lama. Kondisi atau penyakit kesehatan seperti gangguan tiroid, gangguan autoimun, dan kanker.

Setelah membaca ulasan tentang kekurangan vitamin dan penyebab uban lainnya, Anda dapat meminimalkan risiko tersebut dan mendapatkan rambut hitam berkilau. Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top