Jangan Modifikasi CVT Sebelum Garansi Habis, Ada Risikonya

Jakarta, virprom.com – Beberapa pengendara kerap tergoda untuk memodifikasi suku cadang sepeda motor untuk meningkatkan performa atau penampilan.

Salah satu komponen yang sering mengalami perubahan adalah CVT (Continuously Variable Transmision), yaitu sistem transmisi otomatis yang biasa digunakan pada sepeda motor.

Namun teknisi PT Astra Honda Motor (AHM) Wahyudin mengingatkan agar ubahan pada CVT sebaiknya ditunda hingga garansi kendaraan habis.

Baca Juga: [POPULER OTOMOTIF] Rumor Honda Ingin Meluncurkan PCX 160 Dengan Tampilan Forza | Apakah AC mobil harus dimatikan sebelum mematikan mesin? | Ganjil Genap Jakarta tidak berlaku Senin depan.

Menurut dia, Melakukan perubahan sebelum masa garansi habis dapat menyebabkan berbagai masalah pada komponen tersebut.

“Meskipun beberapa orang mungkin berpikir bahwa memodifikasi CVT tidak berbahaya, kami merekomendasikannya sebelum garansi berakhir.” Modifikasi seperti penggantian roller housing atau penggantian komponen CVT lainnya dapat mempengaruhi performa dan membatalkan garansi, kata Wahyudin. Situs virprom.com Senin (9 September 2024).

Ia menjelaskan, CVT dirancang khusus untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tenaga kendaraan dan efisiensi bahan bakar.

Mengganti komponen internal CVT dapat menimbulkan gesekan yang tidak diinginkan dan memperpendek umur komponen.

Selain itu, Wahyudin menegaskan, seringkali perubahan dilakukan tanpa mempertimbangkan kondisi lingkungan pengoperasian kendaraan.

Misalnya, di medan yang tidak rata seperti jalan berdebu atau berasap; Partikel kecil dapat masuk ke housing CVT dan menurunkan kondisi part yang diganti.

“Jika kendaraan dimodifikasi dan digunakan di lingkungan yang kotor, kemungkinan besar komponen CVT akan rusak,” imbuhnya.

Baca: Produsen Pakaian Ini Ajak Ratusan Konsumen dari Berbagai Kota Berkumpul.

Wahyudin berpesan kepada pemilik kendaraan untuk mempertimbangkan melepas shifter CVT hingga masa garansi berakhir.

Hal ini untuk menjaga performa kendaraan dan menghindari masalah di kemudian hari, terutama saat kendaraan masih dalam masa garansi. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top