Jepang Kerahkan Jet-jet Tempurnya Saat Pesawat Rusia Mengitari Negara

TOKYO, virprom.com – Kementerian Pertahanan Jepang mengerahkan jet tempurnya setelah pesawat Rusia terbang di atas negara mereka untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Kementerian mengatakan pada Jumat (13/9/2024) bahwa mulai Kamis (12/9/2024) pagi hingga sore, pesawat Tu-142 Rusia terbang dari laut antara Jepang dan Korea Selatan menuju wilayah selatan Okinawa.

Pesawat-pesawat tersebut kemudian terbang ke utara melintasi Samudra Pasifik untuk menyelesaikan perjalanan mereka ke utara Pulau Hokkaido.

Baca juga: Putin Sebut Barat Akan Izinkan Ukraina Gunakan Senjata Jarak Jauh untuk Menyerang Wilayah Rusia

Pesawat-pesawat Rusia tersebut tidak memasuki wilayah udara Jepang, melainkan terbang di atas wilayah sengketa wilayah antara Jepang dan Rusia.

“Sebagai tanggapan, kami telah mengerahkan jet tempur Pasukan Bela Diri Udara jika terjadi keadaan darurat,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan, dikutip AFP.

Terakhir kali pesawat militer Rusia mengitari Jepang adalah pada tahun 2019. Peristiwa lima tahun lalu melibatkan seorang pembom memasuki wilayah udara “Negeri Samurai”.

FYI: Awal pekan ini, kapal perang Rusia dan China memulai latihan bersama di Laut Jepang.

Latihan tersebut merupakan bagian dari latihan angkatan laut berskala besar yang digambarkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai latihan terbesar dalam tiga dekade.

Rusia dan Tiongkok telah meningkatkan kerja sama militer dalam beberapa tahun terakhir, dan keduanya menentang apa yang mereka lihat sebagai dominasi Amerika dalam urusan global.

Mereka mendeklarasikan kemitraan “tanpa batas” tidak lama sebelum Moskow melancarkan serangannya terhadap Ukraina pada tahun 2022.

Baca juga: Agensi Media Amerika Dikabarkan Terima Jutaan Dolar dan Promosikan Propaganda Pro-Rusia

Sejak awal konflik di Ukraina, hubungan antara Jepang dan Rusia telah memburuk secara tajam, yang sama-sama mengklaim Kepulauan Kuril – yang di Jepang dikenal sebagai Wilayah Utara.

Uni Soviet merebut kepulauan vulkanik yang berlokasi strategis di utara Hokkaido pada hari-hari terakhir Perang Dunia II dan mempertahankan kehadiran militer di sana sejak saat itu.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top