Banjir Brasil, 39 Tewas dan 74 Orang Hilang

BRASILIA, virprom.com – Sedikitnya 39 orang tewas dalam banjir terburuk di Brasil dalam 80 tahun ini, sementara 74 lainnya hilang.

Hujan lebat di negara bagian Rio Grande do Sul di Brasil selatan dapat memecahkan rekor karena menyebabkan banjir besar di negara itu, menurut The Guardian pada Jumat (3/05/2024).

Ini merupakan bencana lingkungan keempat dalam setahun, setelah banjir pada bulan Juli, September dan November menewaskan total 75 orang.

Baca juga: Wanita Brasil Diduga Membawa Orang Meninggal ke Bank untuk Mendapatkan Pinjaman

Menurut Survei Geologi Brasil, banjir di seluruh negara bagian tersebut melebihi banjir bersejarah tahun 1941. Ketinggian air di beberapa kota merupakan yang tertinggi sejak pencatatan dimulai hampir 150 tahun lalu, kata badan tersebut.

Pada hari Kamis, bendungan pembangkit listrik tenaga air antara kota Bento Goncalves dan Cotipora runtuh sebagian, dan semua kota di Lembah Sungai Taquari, seperti Lajeado dan Estrela, terendam air seluruhnya.

Di kota Feliz, 80 km dari ibu kota negara bagian Porto Alegre, sungai yang meluap menyapu jembatan yang menghubungkannya ke kota terdekat, Linha Nova.

Operator melaporkan pemadaman listrik, komunikasi dan air di seluruh negara bagian. Lebih dari 23.000 orang harus meninggalkan rumah mereka.

Tanpa internet, layanan telepon atau listrik, warga kesulitan menyampaikan berita atau informasi kepada kerabatnya yang tinggal di negara lain.

Sementara itu, helikopter terus terbang di atas kota-kota, dan keluarga serta anak-anak yang terdampar menunggu tim penyelamat di atap rumah.

Hujan lebat mulai terjadi pada hari Senin dan diperkirakan akan terus berlanjut hingga setidaknya hari Sabtu, kata Marcelo Cellucci, kepala ahli meteorologi di Pusat Pengamatan dan Peringatan Bencana Alam Nasional, kepada jaringan televisi publik Brazil pada hari Jumat.

Pada Kamis malam, Gubernur Eduardo Leite memperingatkan penduduk negara bagian, yang dikenal sebagai Gauchos, akan terus terjadinya hujan dan banjir.

“Situasi di Porto Alegre diperkirakan akan memburuk. Sebagai seorang pria, hati saya hancur, seperti halnya semua gaucho,” katanya.

“Tetapi saya sebagai gubernur di sini tegas dan saya jamin kita tidak akan kemana-mana. Segala sesuatu akan kita lakukan dengan fokus, perhatian, disiplin, dan penuh amarah sehingga apapun tujuan kita tercapai,” jelasnya.

Baca Juga: Brazil Bikin Platform X Blokir Sejumlah Akun, Elon Musk Ambil Sikap Kuat

Iklim di seluruh Amerika Selatan dipengaruhi oleh fenomena cuaca El Nino, yaitu peristiwa alam yang terjadi secara berkala dan menghangatkan permukaan air di Pasifik khatulistiwa.

Di Brasil, El Nino secara historis menyebabkan kekeringan di wilayah utara dan hujan lebat di wilayah selatan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top