Pakai Baterai Buatan Lokal, TKDN Hyundai Kona Electric Jadi 80 Persen

JAKARTA, virprom.com – All New Hyundai Kona Electric tidak hanya diproduksi saja, tapi juga akan menggunakan baterai buatan Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan tingkat ketersediaan Barang Rumah Tangga (TKDN) tinggi.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, TKDN All New Kona Electric akan mencapai 80 persen

Baca Juga: Kejuaraan Balap Motor Nasional Pertamina Mandalika 2024 Masuk Tiga Putaran

“Dengan menggunakan baterai LG produksi lokal di Kona Electric, harga BEV TKDN yang tadinya 40 persen naik menjadi di atas 80 persen,” kata Luhut baru-baru ini.

Chief Executive Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, angka pasti persentase TKDN All New Kona Electric akan diberikan oleh PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI).

“Saat ini mobil listrik yang kita produksi sudah lebih dari 40 persen, sehingga bisa dipastikan mobil listrik menggunakan baterai di dalam negeri yang resmi diluncurkan kemarin melalui TKDN akan memenuhi apa yang diinginkan pemerintah,” kata Fransiscus dalam keterangannya. Jakarta, Jumat. (12/7/2024).

Baca Juga: Perawatan AC Mobil Tertunda Bisa Menjadi Bumerang

“Tadinya TKDN minimal pada tahun 2024 adalah 60 persen. “Tapi kita tunggu sampai HMMI memberikan hasil TKDNnya,” kata Frans.

Sekadar informasi, Hyundai Motor Group telah menepati janjinya untuk membangun pabrik baterai di Indonesia.

Baca juga: Skema Kredit Honda CRF250L, Pembayaran Mulai Rp 2 Jutaan per Bulan

Hyundai bekerja sama dengan LG Energy Solution membangun pembangkit listrik tenaga surya di kawasan Karawang New Industry City (KNIC) senilai Rp 146 triliun.

Pabrik baterai listrik ini disebut-sebut akan meningkatkan posisi negara di industri kendaraan listrik alias mobil listrik (EV) di pasar dunia.

Pabrik yang berada di bawah perusahaan patungan PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power ini meningkatkan TKDN pada produk tenaga listrik Hyundai. Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk mendapatkan Channel WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top