Kartu Nama dengan Tanda Tangan Steve Jobs Terjual Rp 2,8 Miliar

virprom.com – Pendiri Apple Steve Jobs merupakan sosok inspiratif bagi banyak kalangan. Berbagai barang peninggalan Jobs juga kerap diperebutkan orang karena merupakan peninggalan yang berharga.

Yang terbaru adalah kartu nama Steve Jobs yang ditandatangani langsung olehnya. Tanda Jobs dilelang dan dijual seharga US$181.183 (sekitar Rs 2,8 miliar).

Kartu nama ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 1983. Barang tersebut merupakan satu dari enam barang yang ditandatangani langsung oleh Jobs dalam lelang yang diselenggarakan oleh rumah lelang RR Auctions.

Menariknya, kartu nama ini menjadi barang dengan penjualan tertinggi dalam lelang tersebut, dibandingkan barang lain yang ditandatangani Jobs. RR Auctions juga mengklaim bahwa kartu nama tersebut merupakan satu dari lima kartu nama resmi yang ditandatangani Jobs semasa hidupnya.

Bobby Livingston berkata, “Penjualan kartu nama Apple yang ditandatangani Steve Jobs dengan harga lebih dari $180.000 menetapkan standar baru untuk kartu nama yang ditandatangani. Ini merupakan bukti warisan abadi Jobs dan dampak besar Apple pada dunia modern kita.” Wakil Presiden. Presiden RR Leilao.

Baca juga: Sejarah Kata One More Thing yang Digunakan Pendiri Apple Steve Jobs.

Selain kartu nama, “warisan” abadi Jobs lainnya yang dijual dengan harga tinggi adalah cek yang ditandatangani Jobs pada tahun 1976. Cek tersebut dijual seharga USD 176.850 (sekitar Rp 2,7 miliar).

Konfirmasi tersebut dinilai signifikan karena sudah hampir dua minggu sebelum peluncuran resmi Apple. Saat cek diterbitkan, Jobs menulis “Apple Computer” sebagai nama perusahaan di pojok kiri atas cek.

Alamat yang tercantum adalah “Apple Garage” di Palo Alto. Tempat ini juga dikenal sebagai tempat legendaris berdirinya Apple.

Selain barang yang ditandatangani, beberapa artefak Jobs tahun 1980-an yang tidak ditandatangani juga dijual dalam lelang yang disusun oleh KompasTekno milik Gizmodo. Karya tulisan tangan itu terjual Rp 2,7 miliar.

Tulisan tangan Steve Jobs di selembar kertas yang berisi draft iklan komputer pertama Apple, Apple-I, dijual di rumah lelang RR Auction pada September 2023 dengan harga yang mencengangkan.

Tulisan pendiri Apple di selembar kertas itu terjual seharga USD 175.759 atau setara Rs 2,7 miliar. Kertas tulisan tangan tersebut merupakan draf iklan yang merinci mesin Apple-I.

“Apple Computer-I menggunakan (mikroprosesor) 6800, 6501, 6502 (disarankan 6501 dan 6502 karena kami punya intinya),” demikian salah satu spesifikasi yang ditulis Steve Jobs.

Baca Juga: Dulu Putri Steve Jobs Bicara Soal iPhone 14, Dimarahi, Kini Puji Dia

Informasi lain yang tertera adalah spesifikasi kartu komputer yang dijual, mulai dari RAM, software yang berjalan, dan lain-lain. Di akhir draft iklan, Steve Jobs pun mencantumkan harga Apple-I sebesar US$75 (Rs 1,14 juta).

“Board (komputer) + manual saja, US$75 (Rs 1,1 juta), real deal,” tulis Steve Jobs.

Setelah merinci fitur-fitur komputer dan harganya, Steve Jobs menandatangani draf tersebut dengan nama “Steve Jobs” dalam huruf kecil, dan mencantumkan alamat serta nomor telepon yang dapat dihubungi.

Seperti dihimpun KompasTekno dari Mac Rumours, Minggu (24/3/2024), alamat tersebut adalah tempat tinggal orang tuanya, tempat Apple didirikan. Pasalnya beralamat di 11161 Dr., Los Altos, Ca 94022, merupakan kantor pusat pertama Perusahaan Apple Computer.

Keaslian tulisan tangan telah diverifikasi. Menurut pakar Apple 1 Corey Cohen, spesifikasi komputer dalam rancangan iklan sangat mirip dengan iklan Apple-I asli yang muncul di majalah Interface pada bulan Juli 1976.

Iklan cetak tersebut menyertakan dua gambar foto Polaroid dari mesin Apple-1 yang diambil di The Byte Shop, Mountain View, California. Foto pertama adalah papan komputer Apple-I yang dirakit dengan keyboard dan monitor terpasang.

Sedangkan gambar kedua adalah layar komputer Apple-I yang menampilkan program Apple Basic. Pada screenshot tersebut terdapat informasi tambahan dari Steve Jobs yang menggunakan pensil, “Gambar menjadi buram karena pergerakan kamera”. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top