Bicara di Forum Indonesia-Afrika, Puan Singgung Hubungan Historis yang Dirajut Bung Karno

Jakarta, virprom.com – Ketua DPR RI Puan Maharani mengenang sejarah hubungan bersejarah Indonesia dan Afrika yang digagas Sukarno, presiden pertama RI, pada Kongres Asia Afrika (KAA).

Hal tersebut disampaikan Pak Puan pada Indonesia-Africa Parliamentary Forum (IAPF) yang digelar di Nusa Dua, Bali pada Minggu (9 Januari 2024).

Enam puluh sembilan tahun yang lalu, pada tahun 1955, KAA menjadi tonggak sejarah dalam menggalang persaudaraan dan solidaritas antara negara-negara Asia dan Afrika, kata Puan kepada virprom.com, Senin (2 September 2024).

“Persatuan saat itu adalah memperjuangkan kemerdekaan negara-negara di Asia dan Afrika,” lanjutnya.

Baca juga: Jokowi Ungkap Prabowo di Forum Indonesia-Afrika

Saat ini, Puan menilai kerja sama Indonesia dan Afrika masih relevan.

Namun berbeda dengan tahun 1955, saat ini hubungan mereka harus relevan dengan tantangan zaman.

Ia mengatakan Indonesia dan Afrika bisa menjadi mitra yang saling menguntungkan di bidang ekonomi.

“Rencananya adalah mengubah Afrika menjadi kekuatan global di masa depan. Indonesia telah menyatakan keinginannya untuk menjadi mitra Afrika yang berpotensi menjadi negara dengan perekonomian terbesar keempat di dunia pada tahun 2050,” jelasnya.

Baca juga: Bandung Kejutkan Dunia di Konferensi Asia Afrika…

Baginya, langkah-langkah strategis bagi Indonesia dan Afrika tidak bisa hanya dilakukan melalui komunikasi antar pemerintah.

Namun lembaga legislatif yang mewakili rakyat juga harus dilibatkan agar berbagai macam koordinasi dapat tercapai sesuai kebutuhan daerah.

Artinya hubungan antar masyarakat semakin luas, karena parlemen mewakili rakyat, tambahnya. Dengarkan berita terkini dan cerita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top