AMD Menyerah Lawan Nvidia di GPU Segmen Flagship

virprom.com – Nvidia berdiri sendiri di segmen teratas produk kartu grafis konsumen (GPU) generasi berikutnya. Pasalnya pesaingnya AMD telah memutuskan untuk menyerah sebelum berkompetisi.

Daripada menciptakan GPU kelas atas untuk menyaingi Nvidia di kelas high-end, AMD lebih memilih fokus di mainstream dengan keluarga GPU generasi berikutnya, seri -Radeon RX 8000 dengan arsitektur RDNA 4.

AMD Jack Huynh, SVP dan general manager Computing and Graphics Business Group, mengatakan minggu ini dalam wawancara dengan Tom’s Hardware di sela-sela acara IFA 2024 di Berlin, Jerman.

Baca juga: AMD Luncurkan Kartu Grafis Radeon RX 7000 Versi Lebih Murah?

“Kami telah mencoba strategi ini (bersaing di segmen kelas atas), namun tidak berhasil,” kata Huynh, seraya menambahkan bahwa prioritas AMD saat ini adalah meningkatkan pangsa pasar GPU.

“Saya ingin menawarkan produk yang tepat dengan harga yang tepat. Makanya dari segi harga kami memimpin,” ujarnya, seperti dihimpun KompasTekno, Senin (9/9/2024) dari Tom’s Hardware

Sebelumnya, beredar rumor selama berbulan-bulan bahwa AMD akan menyerah pada posisi teratas. AMD dikabarkan berencana membangun GPU andalan berdasarkan arsitektur DNA 4, namun kemudian dibatalkan.

Oleh karena itu, produk GPU andalan Nvidia berikutnya, bernama GeForce RTX 5090 dan GeForce RTX 5080, akan diluncurkan tanpa persaingan dari AMD.

Baca Juga: Prosesor AMD Ryzen 9000 Series Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Saat ini gelar GPU tercepat masih dipegang oleh GeForce RTX 4090 milik Nvidia. AMD memiliki produk kelas atas bernama Radeon RX 7900 XTX, namun performanya masih kalah dibandingkan andalan Nvidia.

GPU RDNA 4 sendiri kabarnya akan menampilkan banyak peningkatan dibandingkan keluarga RDNA 3 (seri Radeon RX 7000), termasuk dalam hal kemampuan ray tracing dan Infinity cache generasi berikutnya.

RDNA 4 juga disebut-sebut akan mengutamakan performa agar konsumsi daya tetap rendah, sama seperti keluarga prosesor Zen 5 milik AMD (seri Ryzen 9000) yang terkenal hemat daya. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top