Edukasi Pengendara Motor Listrik untuk Kurangi Risiko Kecelakaan

JAKARTA, virprom.com – Kemajuan teknologi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk budaya berkendara. Salah satu inovasi yang kini banyak diminati adalah kendaraan listrik (EV).

Kendaraan tersebut, termasuk sepeda motor listrik, menawarkan banyak keunggulan, namun juga menghadirkan tantangan baru yang perlu dipahami penggunanya.

Manager Safe Driving Department Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky menekankan pentingnya edukasi sepeda motor listrik pada acara Safe Driving Campaign yang digelar bekerja sama dengan AHM dan virprom.com. 

Baca juga: Alasan Vinales Pilih KTM untuk Musim 2025

Kita sosialisasikan melalui media. Kita perlu mengetahui ciri-ciri sepeda motor listrik karena kendaraan listrik itu berbeda-beda. Tidak ada suara, getarannya minim, berbahaya kalau tidak paham, kata Johanes Lucky (13) di Jakarta. /6/2024).

Menurutnya, perbedaan mendasar antara sepeda motor listrik dan sepeda motor biasa bisa menjadi sumber bahaya jika pengendara tidak memahami prinsip pengoperasian sepeda motor listrik dan ciri khasnya.

Selain itu, Johanes Lucky menekankan pentingnya meneliti seluruh fitur pada sepeda motor listrik.

Oleh karena itu, semua indikator kendaraan listrik perlu dikaji, ujarnya.

Alat pengukur pada sepeda motor listrik berbeda dengan sepeda motor biasa, sehingga pengguna perlu memahami fungsi dan cara kerjanya untuk memastikan keselamatan berkendara.

Salah satu tantangan terbesar sepeda motor listrik adalah minimnya suara mesin yang biasanya menandakan kehadiran sepeda di jalan raya.

Baca juga: Ini Penyebab Ban Motor Botak Di Satu Sisi, Suspensi Mungkin Jadi Penyebabnya

“Karena kendaraan listrik tidak mengeluarkan suara, peringatkan masyarakat dengan klakson jika ada sepeda motor yang lewat,” kata Johanes Lucky.

Penggunaan klakson sangat penting bagi keselamatan pengendara sepeda motor listrik maupun pengguna jalan lainnya.

Dengan meningkatnya penggunaan sepeda motor listrik, kampanye edukasi menjadi sangat penting untuk membantu pengemudi memahami perbedaan dan cara menggunakan kendaraan listrik dengan aman untuk mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan di jalan raya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top